Sunday 1 October 2017

10 Kematian Tragis Dalam Naruto


Serial Naruto memang sudah lama tamat tapi ceritanya masih asyik untuk kita simak dan nikmati bersama. Banyak hal yang masih menarik untuk dibahas dalam serial ini. Kali ini mimin akan membeberkan mengenai 10 kematian tragis yang pernah ada dalam serial Naruto. Tak perlu berlama-lama lagi kita simak satu persatu :
10. Sasori
Sasori memang merupakan salah satu karakter antagonis dalam cerita Naruto namun pilihannya yang tidak menghindar sewaktu Chiyo menggunakan boneka kedua orang tua Sasori untuk menusuk jantungnya yang terlihat seakan-akan boneka tersebut memeluk Sasori memberi kesan yang begitu mendalam. Mungkin inilah keinginan sesungguhnya dari Sasori untuk mati dalam pelukan kedua orang tuanya sebagai boneka. Apalagi Sasori tidak pernah merasakan kasih sayang dari orang tuanya karena kedua orang tua Sasori gugur sewaktu bertempur dengan Konoha pada saat Sasori masih bayi, sehingga praktis ia hanya dirawat oleh neneknya yang di kemudian hari akhirnya harus membunuhnya untuk melindungi desa. Kerinduan terhadap kasih sayang orang tua begitu dirasakan oleh Sasori hingga ia membuat boneka ayah dan ibu dan sering memainkannya untuk merasakan dipeluk oleh orang tua meski hanya dari boneka.  Bagaimana pun juga hal yang membuat Sasori menjadi melawan desa adalah disebabkan oleh pola yang diterapkan Sunagakure terhadap shinobi yang berada dalam wilayahnya, hal yang kemudian disesali oleh Chiyo.

09. Sarutobi Asuma
Asuma adalah putra dari Hokage ke-3 yang juga merupakan Jounin pembimbing dari Shikamaru-Ino-Chouji. Saat Akatsuki bergerak memasuki Konoha, Asuma dipilih menjadi ketua tim dari Kotetsu, Izumo, dan Shikamaru. Tim Asuma lah yang akhirnya menghadapi duo Akatsuki, Hidan dan Kakuzu. Dalam pertarungan yang sengit Asuma akhirnya harus gugur ketika terkena kutukan Hidan. Dalam beberapa scene diperlihatkan bahwa Asuma sepertinya mempunyai firasat akan gugur dalam pertarungan ini. Ia menyiratkan bahwa ia akan menjadi bidak yang bersedia berkorban demi sang raja. Ia gugur terlalu cepat hingga tak bisa melihat kelahiran anaknya dari Kurenai. Kematiannya pun tidak disia-siakan oleh Shikamaru yang dikemudian hari berhasil menyusun rencana berdasarkan pertarungan Asuma  untuk mengalahkan Hidan dan Kakuzu.



08. Uchiha Shisui
Uchiha Shisui merupakan salah satu shinobi paling berbakat dalam sejarah klan Uchiha maupun Konoha. Sayang ia harus mengorbankan diri dengan melompat ke dalam jurang dalam usia muda demi menghindarkan perang antara clan Uchiha dengan desa Konoha. Sejatinya Shisui memiliki sebuah rencana  untuk menghentikan konflik antara desa dan clan dengan menggunakan genjutsu Kotoamatsukami. Tapi, para petinggi desa khususnya Danzou meragukan kesetiaan Shisui dan khawatir bahwa Shisui suatu saat akan menggunakan genjutsu pada para petinggi Konoha. puncak dari ketidakpercayaan ini terjadi saat Danzou menjebak Shisui dan berhasil merebut mata kanannya. Sadar bahwa Konohanakan mengincar mata kirinya juga Shisui lebih memilih menyerahkan mata kiri dan beban menghentikan pertikaian clan pada Itachi dan selanjutnya bunuh diri dengan harapan bahwa Itachi akan menyeleseikan misinya untuk menyeleseikan konflik di desa. Tapi tragisnya Itachi justru lebih memilih menggunakan jalan yang ditawarkan Danzou dengan membunuh semua clan ketimbang menggunakan cara Shisui.

07. Rin Nohara

Rin Nohara adalah rekan setim Kakashi sekaligus murid dari Minato. Dalam suatu insiden Rin diculik oleh shinobi dari desa Kirigakure dan dijadikan sebagai jinchuriki Sanbi untuk kemudian dilepaskan oleh Shinobi Kiri sewaktu Rin sudah berada di Konoha. Menyadari bahwa dirinya sudah dijadikan alat oleh Shinobi Kirigakure untuk menghancurkan Konoha, Rin memilih menerima serangan dari Kakashi dan mati ditangan Kakashi rekan satu timnya sendiri. Kematian Rin menjadi salah satu penyebab hancurnya hati Obito yang dikemudian hari menajdi shinobi yang mengorbarkan perang dunia shinobi ke-4. Alasan kematian Rin yang berusaha menghindarkan malapetaka di Konoha pada akhirnya menjadi salah satu penyebab Obito menjadi antagonis dalam serial ini.

06. Hiruzen Sarutobi
Hiruzen atau Hokage ke-3 gugur saat menerima terjadi serangan dari Sunagakure dan Otogakure. Serangan yang terjadi saat ujian chunin gabungan itu rasanya benar-benar menusuk Konoha dari belakang. Tragisnya Hokage ke-3 justru gugur ditangan murid kesayangannya Orochimaru yang menyamar sebagai Kazekage ke-4. Orochimaru yang sudah bertahun-tahun meninggalkan desa sewaktu peneilitian ilegalnya terbongkar dan dibebaskan dari hukuman mati oleh Hokage ke-3 kini kembali dengan membawa sekutu dari Suna dan Oto untuk menghancurkan Konoha. Dalam perang puncak dengan Orochimaru, Hokage ke-3 gugur saat menggunakan Shiki Fujin dan berhasil menyegel kedua tangan Orochimaru. Dalam sisa hidupnya sebelum benar-benar gugur, Hokage ke-3 bahkan masih memiliki rasa sayang terhadap Orochimaru meski muridnya itu lah yang menjadi penyebab kematiannya.

05. Hyuga Neiji
Hyuga Neiji adalah keturunan Hyuga yang sangat berbakat meski ia terlahir dari keluarga bawah, ia juga masih memiliki hubungan saudara dengan Hinata. Neiji dijuluki sebagai ninja jenius dan menjadi salah satu angkatan Naruto yang pertama menjadi Jounin. Saat perang dunia shinobi ke-4 memasuki fase akhir dan Obito menggunakan jutsu elemen kayu untuk menyerang aliansi Shinobi. Neiji berdiri untuk melindungi Naruto dan Hinata dari serangan Obito. Naruto yang mengatakan bahwa ia tidak akan membiarkan teman-temanya mati kini ia justru menyaksikan rekan satu angkatannya mati demi melindungi dirinya. Dalam masa menjelang kematiannya Neiji mengatakan bahwa ia sudah terbebas dari segel kutukan keluarga Hyuga yang menyandera kebebasan keturunan dari keluarga bawah.

04. Uchiha Itachi
Itachi adalah kakak dari Sasuke dan diketahui sudah membunuh clannya sendiri serta kabur dari desa untuk bergabung dengan organisasi kriminal, Akastsuki. Sampai sebelum pertarungannya dengan Sasuke, banyak yang menganggap Itachi adalah salah satu antagonis utama dalam serial ini dan kematiannya dianggap sepadan dengan segala kejahatannya. Tapi fakta yang terungkap setelah kematian Itachi menjadi sisi tragis dari kehidupan dan kematian Itachi. Ia menyerang clan hanya karena kecintaannya pada desa dan Sasuke. Karena tidak ingin melihat desa dan Uchiha erlibang perang ia lebih memilih jalan pintas dari Danzou demi menyeleseikan konflik tersebut. Ia masuk ke dalam organisasi Akatsuki demi bisa melindungi desa dari dlam organisasi tersebut, dan terakhir ia pun memutuskan kematiannya di tangan adik yang sangat ia cintai dengan membawa cap kriminal padahal sejatinya adalah pahlawan demi membersihkan nama sang adik dari kesalahan yang telah ia buat.

03. Yahiko
Yahiko adalah satu dari 3 murid Jiraiya sewaktu di Amegakure. Semangat dan tekad kuat dari Yahiko untuk merubah Amegakure menjadikan dia sebagai sumber inspirasi dari beberapa shinobi dari Amegakure. Karena pengikutnya semakin banyak maka Yahiko memutuskan untuk membentuk Akatsuki dan menjadi ketua dari organisasi tersebut. Tapi insiden yang terjadi antara Akatsuki dengan Hanzou membuatnya meninggal. Dalam insiden itu Hanzou menyekap Konan dan memaksa Nagato  membuat pilihan yang sulit di mana ia harus membunuh Yahiko demi kebebasan Konan atau membiarkan Yahiko hiup tapi nyawa Konan terancam. Sadar bahwa mereka sudah dijebak Yahiko akhirnya membuat keputusan ia memilih mati bunuh diri demi bisa menyelamatkan nyawa Konan dan Nagato. Yahiko percaya dengan Nagato dan yakin bahwa kematiannya demi melindungi sahabatnya itu adalah jalan terbaik demi memastikan kedamaian di dunia shinobi. Namun, kesedihan dan rasa frustasi akibat kematian Yahiko membuat Nagato merubah arah dari Akatsuki menjadi organisasi antagonis.

02. Jiraiya

Jiraiya melakukan penyusupan ke daerah Amegakure demi mengungkap identitas ketua dari Akatsuki. Namun di tengah penyusupannya ia justru berhadapan dengan bekas muridnya dulu yang tak lain tak bukan adalah ketua Akatsuki. Kecewa dengan pilihan yang telah diambil oleh pain dan teringat akan ramalan bahwa suatu saat salah satu muridnya akan membawa perubahan di dunia shinobi dan keputusan yang ia ambil akan menjadi penentunya. Jiraiya akhirnya memilih bertarung dengan habis-habisan. Tapi pada akhirnya Jiraiya berhasil dipojokkan oleh pain. Sadar bahwa ia sudah kalah Jiraiya memilih untuk menacri kelemahan dari pain dan mengirim kode yang berguna dalam mengungkap rahasia pain ketimbang menyelamatkan diri. Hingga akhirnya Jiraiya gugur dan jasadnya berada di dsar lautan Amegakure. Kematian Jiraiya menjadi yang paling mengejutkan karena Jiraiya adalah karakter yang memiliki hubungan sangat dekat dengan Naruto. Tragisnya ia mati dibunuh oleh murid yang ia harapkan akan membawa kedamaian ke dunia shinobi/

01. Minato dan Kushina
Kedua orang tua Naruto harus mengorbankan diri demi keselamatan desa dan Naruto dari amukan Kyubi. Tidak ada yang mengharapkan kematian Minato yang belum lama dilantik sebagai Hokage ke-4. Banyak yang berharap besar padanya tapi insiden Kyubi menghapus semua harapan itu dan membuat Minato serta Kushina melakukan pengorbanan yang begitu besar. Mereka rela mati untuk menyegel Kyubi pada tubuh Naruto padahal mereka baru saja menjadi orang tua. Harapan dan pesan yang disampaikan kepada Naruto menjelang kematiannya menjadi salah satu scene yang plaing mengharukan dan meyedihkan dari anime Naruto.

No comments:

Post a Comment