Thursday 27 July 2017

Menguak Genei Ryodan


Bagi pecinta anime manga Hunter x Hunter, tentu tidak asing lagi dengan nama Genei Ryodan. Yupp, Genei Ryodan adalah kelompok antagonis utama di manga Hunter x Hunter. Mereka pertama disebutkan oleh Kurapika saat mengikuti ujian Hunter, sekaligus menjadi tujuan utama Kurapika menjadi seorang Hunter. Sebagai sebuah kelompok antagonis, Genei Ryodan mampu menarik minat sebagian pecinta anime dan menjadi salah satu favorite kelompok antagonis dalam manga. Meski begitu ada sebagian pecinta anime yang masih tidak mengetahui eksistensi kelompok ini sehingga ada baiknya kita menguak lebih jauh mengenai Genei Ryodan.

Genei Ryodan sejatiya adalah kelompok pencuri dan perampok yang dalam aksinya tak jarang melakukan pembunuhan keji terhadap lawan atau pihak yang menghalanginya. Genei Ryodan didirikan di Kota Meteor, sebuah kota yang berisikan barang rongsokan dan orang buangan, hampir tidak ada aturan di kota ini bahkan keberadaannya pun tak tercatat di dalam peta. Dalam  keadaan yang demikian lah Genei Ryodan didirikan oleh seseorang bernama Chrollo Lucifer beserta 6 orang penduduk Kota, setelah mereka bergerak meninggalkan kota jumlah anggota pun bertambah menjadi 13 orang dengan ciri khas tato laba-laba bernomor yang terdapat di tubuh mereka. Layaknya sebuah kelompok, Genei Ryodan juga memiliki beberapa aturan seperti :
  1. Eksistensi kelompok jauh lebih penting dibandingkan keberadaan individu bahkan ketua sekalipun. Jika ada permasalahan di mana nasib ketua dan organisasi sama-sama berada dalam bahaya maka prioritas pertama adalah nasib organisasi.
  2. Tidak boleh ada pertikaian antar anggota jika ada perbedaan pendapat diseleseikan dengan cara lempar koin, di mana pihak yang kalah harus menghormati keputusan pihak yang menang.
  3. Jika ada pihak yang ingin menjadi ketua maka boleh menentang ketua untuk mengambil posisinya. Dan keputusan dari ketua adalah prioritas utama dalam organisasi.
Dalam perjalanannya tak jarang terdapat kekosongan anggota, jika ini terjadi maka ketua bertanggung jawab mencari anggota baru atau menyetujui rekomendasi yang diberikan anggota lain. Jika seseorang berniat bergabung dapat melakukannya dengan cara mengalahkan anggota sebelumnya seperti yang dilakukan oleh Hisoka, meskipun terbilang aneh karena sebagai organisasi yang cukup dekat sebagai sebuah keluarga masih mau menerima orang yang membunuh temannya sebagai anggota.

Anggota Genei Ryodan dari Kota Meteor
1. Chrollo Lucifer
   Umur : 26 tahun
   Tipe Nen : Tokushitsu
   Kemampuan Nen : Skill Hunter - Essence Thef
    Lucifer merupakan pendiri sekaligus ketua Genei Ryodan. Sebagai ketua Lucifer sangat dihormati oleh anggota Genei Ryodan. Bahkan pakunoda sampai mengkhianati aturan kelompok demi keselamatan Lucifer. Dalam menjalankan peran sebagai ketua Lucifer bertindak penuh perhitungan dan selalu tenang saat berhadapan dengan masalah. Kharismanya yang begitu tinggi membuat semua anggota Genei Ryodan tidak ada yang berani merebut posisinya ketika nennya disegel oleh rantai nen Kurapika. Kemampuan Lucifer adalah mampu mencuri kemampuan nen lawannya dengan beberapa kondisi. Jika kemampuan nen lawan sudah dicuri oleh Lucifer maka lawan akan kehilangan kemampuan untuk menggunakan nennya. Nen yang sudah dicuri akan disimpan dalam sebuah buku bandit's secret. Untuk menggunakan kemampuan nen curian, Lucifer harus membuka buku tepat di halaman nen tersebut tersimpan. Jika pemilik asli mati maka Lucifer tidak akan mampu menggunakan kemampuan nen orang tersebut lagi.
2. Feitan
    Umur : 28 tahun
    Tipe Nen : Henka
    Kemampuan Nen : pain packer
    Feitan merupakan anggota Genei Ryodan yang misterius dan jarang bicara, awalnya ia biasa berbicara dengan menggunakan bahasa Cina. Secara kekuatan fisik ia yang terkuat kelima, tetapi kemampuan nen-nya adalah no 2 setelah ketua. Di mana semua luka yang diterima dari serangan musuh akan diubah menjadi kekuatan serangan, semakin banyak dan dahsyat serangan yang ia terima maka akan semakin hebat pula serangan yang ia hasilkan. Serangan tersebut berbentuk matahari kecil yang akan membakar dan menghanguskan area sekitarnya kecuali dirinya. Feitan juga memiliki serangan yang cepat dan terbiasa menyembunyikan pedang serta pistol di balik payung untuk digunakan dalam serangan mendadak. Feitan juga salah satu anggota yang teguh pada aturan kelompok dengan mengesampingkan keselamatan ketua demi mendapatkan Kurapika. Atas keberhasilannya mengalahkan Ratu Semut ia dipercaya menjadi ketua sementara selagi Chrollo Lucifer tersegel kemampuannya.
3. phinks
    Umur : 33 tahun
    Tipe Nen : Kyouka
    Kemampuan Nen : Ripper Cyclotron
    phinks merupakan anggota terkuat kedua secara fisik. Ia terbiasa bertempur dengan tangan kosong. Kemampuan nen-nya adalah memperkuat pukulan yang akan berkali lipat tenaganya sebanyak ia memutar lengannya. Sehingga makin banyak ia mengayunkan lengan memutar, maka daya hancurnya akan semakin dahsyat. phinks juga memiliki keakraban dengan Feitan dan termasuk anggota yang berpendirian teguh serta patuh dengan aturan organisasi. Tidak seperti pengguna Kyouka biasanya phinks lebih mengedepankan taktik daripada sekedar bertarung.
4. Machi
    Umur : 24 tahun
    Tipe Nen : Henka
    Machi adalah perempuan terkuat dalam Genei Ryodan, secara keselurhan ia mempati posisi terkuat ke-6 dalam oganisasi. Kemampuan nen Machi berbentuk benang, dengan benang nen tersebut Machi dengan mudah menebas dan mencekik leher lawan. Selain untuk menyerang, benang tersebut juga dapat digunakannya untuk menjahit luka karena memiliki kemampuan menyembuhkan yang luar biasa. Benang nen Machi juga dapat digunakan untuk mengendalikan musuh seperti halnya boneka. Machi sangat dekat dengan Hisoka, meskipun begitu ia bersedia membunuh Hisoka apabila Hisoka membunuh Chrollo Lucifer. Machi juga termasuk anggota yang lebih mementingkan nyawa ketua daripada kesempatan menangkap Kurapika,
5. Ubogin

    Umur : 29 tahun
    Tipe Nen : Kyouka
    Kemampuan Nen : Big Bang Impact
    Ubogin adalah anggota terkuat secara fisik di Genei Ryodan. Kemampuan fisik dari Ubogin sangat luar biasa, ia bahkan kebal terhadap peluru, rudal anti tank dan berbagai senjata lainnya. Selain ketahanan tubuhnya, serangannya juga sangat dahsyat, pukulannya dalam kekuatan penuh bahkan bisa memiliki daya hancur layaknya bom nuklir. tidak seperti anggota Genei Ryodan lainnya Ubogin lebih emosional dan menyerang tanpa berpikir panjang, serta menikmati sensasi dalam pertempuran. Meskipun sering bertindak tanpa berpikir panjang tapi Ubogin dikenal sebagai anggota yang paling menghargai waktu dan memiliki rasa kesetiakawan yang tinggi, terbukti ia tidak mau membocorkan rahasia organisasi dan teman-temannya kepada Kurapika meskipun ia terancam mati. Selama ini Ubogin memiliki kedekatan dengan Nobunaga dan sering berpartner dalam garis depan pertempuran. Ubogin diketahui terbunuh saat bertarung dengan Kurapika.
6. Nobunaga
    Umur : 30 tahun
    Tipe Nen : Kyouka
    Kemampuan Nen : Robber
    Nobunaga memiliki penampilan seperti samurai lengkap dengan katana. Secara fisik ia terkuat ke-9 dalam organisasi. Nobunaga merupakan seorang pengguna pedang yang terampil, ia memiliki kedekatan dengan Ubogin sebagai sesama petarung garis depan. Karena itulah, ia tidak terima mengetahui jika Ubogin mati di tangan Kurapika. Dalam keadaan emosi Nobunaga bahkan sempat mempertanyakan kapasitas ketua meskipun ia akhrnya mengakui kekeliruannya. Dalam bertarung Nobunaga dapat mengeluarkan en dengan radius sekitar 3 meter, musuh yang melewati jangkauan en-nya akan langsung ditebas. Dalam arc Yorkshin City Nobunaga memiliki ketertarikan terhadap Gon dan Killua, khususnya kepada Gon yang ia rasa memiliki kemiripan dengan Ubogin. Nobunaga memiliki kesetiaan yang tinggi terhadap Chrollo Lucifer.
7. pakunoda
    Umur : 28 tahun
    Tipe Nen : Tokhushitsu
    Kemampuan Nen : Memory Bomb
    pakunoda adalah perempuan yang perkataannya sangat dipercaya oleh anggota lainnya, bahkan oleh Chrollo Lucifer, hal ini tak lepas karena kemampuan nennya. pakunoda mampu membaca memori dari orang lain bahkan dari ingatan terdalam orang tersebut hanya dengan menyentuhnya. Ingatan yang telah ia baca dapat ia bagikan ke rekannya dengan menembakkan peluru nen dari pistolnya ke kepala rekannya. Karena kemampun ini lah pakunoda dipercaya sebagai orang yang menginterogasi musuh. Secara fisik pakunoda memiliki urutan kekuatan fisik ke-11 dibandingkan anggota yang lain. Ia juga salah satu anggota yang setia pada Chrollo Lucifer. pakunoda berpendapat bahwa saat ini tidak ada seorangpun yang mampu menggantikan peran dari Chrollo di Genei Ryodan. Karena kesetiaan ini lah pakunoda mengkhianati aturan kelompok dengan lebih memilih keselamatan ketua daripada kelompok. pada akhirnya pakunoda meninggal akibat judgement chain Kurapika karena melanggar salah satu pantangan yang diberikan Kurapika.
8. Franklin
    Umur : 33 thun
    Tipe Nen : Houshutsu
    Kemampuan Nen : Double Machine Gun
    Secara penampilan Franklin mengadopsi sosok Frankeistein, legenda monster yang meneror manusia lengkap dengan luka jahitan di wajah. Dalam beberapa kali perdebatan Franklin sering kali tampil sebagai penengah dalam Genei Ryodan. Kemampuan nen yang dimilikinya adalah menembakkan peluru nen dari ujung-ujung jari tangannya layaknya senapan otomatis. Bisa dianggap Franklin adalah yang tersadis karena dengan kemampuannya tadi Franklin menjadi yang paling banyak membunuh. Dalam bergerak Franklin biasa berpartner dengan Shizuku. Secara fisik ia memiliki urutan fisik no-4 di organisasi Genei Ryodan.
  
Anggota Genei Ryodan dari Luar Kota Meteor
9. Bonolenov
    Umur : 30 tahun
    Tipe Nen : Gugenka
    Kemampuan Nen : Batte Le Cantabille
    Bonolenov berpenampilan layaknya mumi dengan perban yang menutupi seluruh tubuhnya. perban-perban diketahui untuk menyembunyikan lubang-lubang di sekujur tubuh Bonolenov. Dari flashback singkat Bonolenov tampak ia berasal dari suku pedalaman yang memiliki ritual melubangi sekujur tubuh pria yang menjadi anggota suku tersebut. Dimana dari lubang-lubang tersebut Bonolenov dapat mengeluarkan jarum-jarum yang dapat melukai lawannya. pada arc chimera Bonolenov menunjukkan transformasi dan menampilkan ia menggunakan tombak dan topeng. Bonolenov secara fisik memiliki urutan ke-8 di Genei Ryodan.
10. Shizuku

      Umur : 19 tahun
      Tipe Nen : Gugenka
      Kemampuan Nen : Demon Vacuum Deme-Chan
      Shizuku dikabarkan menggantikan Genei Ryodan yang dibunuh oleh Silva Zoldyck. Shizuku dikenal sangat pelupa. Jika dia tidak dapat mengingat sesuatu, dia tidak akan pernah ingat, tidak peduli bagaimana orang lain dapat mencoba untuk mengingatkan dia. Shizuku merupakan seorang kidal yang bersenjatakan vacuum cleaner nen yang ia panggil "deme-chan". Vacuum yang dibuat dari nen tersebut mampu menyedot apapun yang ia inginkan, dari darah, racun, mayat, peluru, hingga barang-barang rampokan, tapi vacuum deme-chan tidak mampu menghisap makhluk hidup. Dengan kemampuan dari Shizuku memungkinkan Genei Ryodan membersihkan sisa dan bukti kejahatannya. Secara fisik ia terkuat ke-12 di antara semua anggota.
11. Shalnark
      Umur : 24 tahun
      Tipe Nen : Sosa
      Kemampuan Nen : Black Voice
     Shalnark adalah salah satu anggota yang tercerdas di Genei Ryodan dan menjadikan kecerdasannya sebagai senjata melebihi kemampuan bertarungnya. Sebagai anggota yang diketahui berlisensi Hunter, Shalnark mampu mengakses informasi ke situs tertentu. Kemahirannya dalam menggunakan komputer memingkannya untuk bergerak sebagai pencari informasi bagi kelompok. Kemampuan nen Shalnark berhubungan dengan gadget yang dibawanya, terlihat Shalnark bisa menguasai tubuh lawannya menggunakan handphone dengan cara menancapkan sebuah antena yang akan terhubung ke handponenya pada tubuh lawan. Apabila antena tersebut di tancapkan ke diri sendiri maka memungkinkan auto mode yang meningkatkan daya tempur dan kekuatan fisik dari Shalnark. Secara fisik ia terkuat ke-10 di organisasi. Ia mati diserang Hisoka saat Hisoka bangun dari kematiannya.
12. Kortopi
      Umur : 25 tahun
      Tipe Nen : Gugenka
      Kemampuan Nen : Gallery Fake – “Divine Left Hand, Demonic Right Hand”
      Kortopi memiliki penampilan kurus kering, memiliki rambut tebal berantakan yang menutupi seluruh wajahnya, hanya sesekali terlihat matanya. Secara fisik Kortopi adalah yang terlemah di Genei Ryodan, tapi kemampuan yang sangat bermanfaat bagi Genei Ryodan dari Kortopi adalah kemampuan nen-nya yakni mengcopy benda-benda hingga mayat sekalipun dengan sangat sempurna, identik, dan meyakinkan. Tetapi Kortopi tidak mampu meniru makhluk hidup dan nen orang lain. Benda yang ditiru Kortopi akan menghilang selama 24 jam, selama benda tersebut belum menghilang Kortopi dapat merasakan keberadaan dan letak benda tersebut. Kemampuan meng-copy ini sangat bermanfaat dalam mencuri benda berharga dan memalsukannya sehingga resiko ketahuan dapat diminimalisir, serta dapat pula menyembunyikan markas dari pantauan musuh. Kortopi diketahui mati terbunuh oleh Hisoka dengan cara yang mengenaskan.
13 Hisoka
     Umur : 27 tahun
     Tipe Nen : Henka
     Kemampuan Nen : Deceitful Texture – “Flimsy Lies”, Bungee Gum – “Elastic Love”
     Hisoka adal pria misterius yang selalu tampil nyentrik sesuai dengan penampilannya yang seperti pesulap. Ia diketahui menjadi salah satu jenius yang kuat di Hunter x hunter, sayangnya ia kehilangan arah sehingga berbuat sesuatu yng dirasa menarik baginya. Hisoka masuk dalam Ryodan dengan menggantikan anggota sebelumnya, Omokage. Konon, Hisoka sendirilah yang membunuhnya, meskipun rasanya sulit dipercaya jika organisasi yang memiliki rasa persaudaraan yang kuat seperti ditunjukkan saat Ubogin terbunuh akan membiarkan pembunuh rekannya menjadi anggota. Hisoka sebenarnya tidak berniat masuk dalam Ryodan ia hanya berpura-pura saja menjadi anggota demi meraih kesempatan untuk bertarung dengan Chrollo Lucifer. Bahkan tato laba-laba Hisoka palsu ia menggunakannya agar seolah-olah menjanjikan sebagai anggota Ryodan, meskipun berpura-pura, tapi Hisoka memiliki kedekatan sepesial dengan Machi. Tipe nen yang dimiliki Hisoka adalah Henka, dengan kemampuan perubahan nennya yang menyerupai permen karet, banyak yang meremehkan kemampuan ini, akan tetapi kemampuannya ini benar-benar sepadan dengan gaya pesulapnya yang eksintrik. Dengan kemampuan nen ini lah Hisoka mampu bangkit dari kematian setelah dikalahkan  Chrollo Lucifer dalam pertempuran setelah Chrollo berhasil menemukann orang yang mampu meremove segel nen dari Kurapika. Dalam keseharian Hisoka akan bertarung menggunakan kartu remi yang memiliki ketajaman layaknya pedang. Meskipun sempat menjadi rekan tapi Hisoka lah yang pada akhirnya menjadi ancaman bagi laba-laba. Ia diketahui sudah membunuh Shalnark dan Kortopi.

14. Omokage
Karakter ini hanya muncul dalam film Hunter x Hunter yang pertama dan tidak pernah muncul dalam anime atau manga. Konon ia adalah anggota yang posisinya digantikan oleh Hisoka. Nomor Id.nya adalah no 4.
15. Kalluto Zoldyck
Kalluto masuk menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Hisoka. Kehadiran Kalluto di Genei Ryodan sangat mengejutkan. Sebagai salah satu anggota keluarga Zoldyck masuk dalam organisasi seperti Genei Ryodan tentu akan menimbulkan pertanyaan ada maksud apa dibalik masuknya Kalluto ke Ryodan? Motif yang selama ini santer didengar Kalluto masuk untuk mencari adiknya yang sengaja disembunyikan oleh orang tuanya sendiri. Kalluto terlihat kuat dengan kemampuan Nen tipe Sosa saat mengalahkan salah satu pasukan ratu semut, tapi meskipun begitu ia merasa mider juga terhadap Feitan dan Genei Ryodan yang lain. Dengan masuknya Kalluto maka ia menjadi anggota termuda dalam kelompok. 



2 comments:

  1. Mungkin maksudnya kakak ya . Kallluti adalah anak bungsu keluarga Zaoldyeck.

    ReplyDelete