Tuesday 11 July 2017

7 Kelompok Organisasi Antagonis Terkeren di Anime

Laiknya  sebuah cerita, anime atau manga pun memiliki peran tokoh atau kelompok antagonis yang menjadi lawan dan menghalangi tujuan dari tokoh utama. Keberadaan kelompok antagonis seringkali menjadikan cerita anime atau manga lebih menarik untuk kita simak dan ikuti, tak jarang keberadaan karakter dalam kelompok antagonis mengalahkan kepopuleran dari si tokoh utama baik karena penampilan yang lebih cool, kekuatan yang dahsyat, atau bisa jadi karena latar belakang yang menjadikan mereka antagonis yang membuat mereka akhirnya menjadi populer. Berikut admin paparkan 7 kelompok antagonis paling keren versi mimin, check this out :

7. Organisasi Hitam - Detective Conan

Bagi penggemar seri Detective Conan tentu tak asing dengan nama Organisasi Hitam, karena organisasi inilah yang menjadi dalang kenapa Sinichi Kudo harus berperan sebagai Conan setelah dicecoki dengan racun aptx 4869 yang membuat tubuhnya menjadi seperti anak kelas 3 SD, setelah tidak sengaja membuntuti salah satu anggota dari Organisasi Hitam. Dalam menjalankan organisasinya, anggota dari organisasi selalu menggunakan nama samaran berdasarkan nama minuman keras. Nama Organisasi Hitam sendiri masih misterius dan nama ini diberikan hanya berdasarkan dari ciri khas anggotanya yang selalu menggunakan setelan rapi berwarna hitam. Keberadaan pemimpin dan tujuan sebenarnya dari Organisasi juga masih belum diperlihatkan, karena kemisteriusannya dan ciri khas laiknya mafia serta sistim kerja yang begitu terorganisir dan rapi, keberadaan Organisasi Hitam sebagai kelompok antagonis patut berada dalam daftar ini.

6. Hommunculus - Full Methal Alchemist

Hommunculus adalah makhluk buatan yang tercipta dari darah seseorang yang disebut "Father" melalui alchemy, dikatakan mereka memiliki kekuatan yang mengerikan dan merupakan dalang dari semua kekacauan dari seri Full Methal Alchemist. Gerakan dari makhluk ini hanya satu berdasarkan perintah "Father", mengindikasikan bahwa mereka semua tak lebih dari boneka "Father" untuk mecapai tujuannya. Ketujuh Hommunculus mewakili ketujuh dosa manusia yaitu Envy (iri), Lust (nafsu), Wrath (amarah), pride (sombong), Gluttony (rakus), Sloth (malas), dan Greed (tamak). Hommunculus bergerak dengan sangat rahasia dan rapi bahkan salah satu dari mereka yaitu Wrath berhasil menjadi presiden Amestris dengan mengambil bentuk King Bradley. Ciri khas dari organisasi ini adalah keberadaan tato uroboros pada bagian tubuh mereka.
5. Juppongatana - Rurouni Kenshin

Juppongatana merupakan kelompok yang beranggotakan sepuluh petarung yang didirikan oleh Shishio Makoto, seorang samurai pembunuh di era sebelum Meiji. Tujuan dari kelompok ini adalah untuk menghancurkan pemerintahan Meiji dan menguasai Jepang, dengan tujuan yang sudah berskala sangat luas dengan pengikut yang banyak, tak pelak Juppongatana adalah kelompok antagonis yang paling menarik hati pecinta manga Rurouni Kenshin atau di Indonesia lebih dikenal dengan Samurai X. Latar belakang anggota yang memiliki dendam kepada pemerintahan Meiji lah yang mengakibatkan mereka bersatu dalam satu kelompok, meskipun memiliki karakter yang berbeda. pergerakan Juppongatana cenderung terbuka dan frontal menyerang pemerintahan Meiji dan menyebar di beberapa daerah di Jepang, sehingga mudah terdeteksi. Meskipun berada dalam satu kelompok tapi masing-masing anggota biasanya memiliki cara tersendiri untuk bergerak dan menjalankan rencana. pertarungan antara anggota Juppongatana dengan kelompok Kenshin Himura yang penuh dengan aksi dramatis dan sarat akan emosi seperti Sanosuke Sagara yang melawan gurunya dan perang ideologi antara sesama samurai pembunuh di masa lalu, Kenshin dan Sisio menjadikan arc Kyoto di mana Juppongatana muncul menjadi sangat menarik diikuti.
4. Sichibukai - One piece

Bagi penggemar manga one piece tentu tidak asing dengan istilah Sichibukai. Yupp, Sichibukai atau dalam bahasa indonesia berarti 7 dewa bajak laut adalah sebuah kelompok yang didirikan oleh pemerintah dunia untuk menandingi kekuasaan para Yonko, sehingga menciptakan keseimbangan lautan bersama dengan AL dan dijuluki 3 Kekuatan Besar Lautan. Anggota dari Sichibukai ditentukan oleh pemerintah dunia, sebagian besar anggota dari Sichibukai berasal dari bajak laut meskipun ada yang bukan bajak laut seperti Bartholonew Kuma yang diketahui adalah salah satu komandan pasukan revolusi. Selama seorang bajak laut mendapat status Sichibukai maka semua dosa dan pelanggaran yang pernah dan sedang ia lakukan akan diputihkan dan nilai buronannya akan dibekukan. Sichibukai tidak memiliki ketua dan pergerakannya begitu independen dan biasanya menempati suatu pulau tempat mereka berkuasa, mereka baru bergerak dalam suatu kelompok apabila mendapat panggilan dari pemerintah dunia seperti saat perang Marineford. Sehingga dapat diketahui bahwa tujuan utama kelompok ini adalah untuk melindungi kepentingan pemerintah dunia. Apabila ada anggota Sichibukai yang kalah atau berafiliasi dengan bajak laut biasa maka gelarnya dapat dicabut. Selama ini pertimbangan untuk menunjuk seorang bajak laut menjadi Sihibukai adalah berdasarkan kekuatan, di mana bajak laut yang akan ditunjuk sebagai Sichibukai harus menunjukkan kekuatan yang lebih di atas bajak laut lain kepada pemerintah dunia seperti saat Teach mendapat gelar Sichibukai dengan menangkap Ace meskipun nilai buronannya masih 0. Selain Sichibukai di dalam manga one piece terdapat Marine, WG, dan Yonko yang dapat bertindak sebagai kelompok antagonis, tapi tetap saja keberadaan Sichibukai menempati tempat tersendiri sebagai kelompok yang memiliki independensi dan susah diatur bahkan oleh pemerintah dunia sekalipun.
3. Espada - Bleach

Espada adalah kelompok 10 arrancar terkuat yang dibentuk oleh Sosuke Aizen, Gin Ichimaru, dan Kaname Tosen. 3 kapten divisi Gotei 13 Soul Society yang berkhianat. Tujuan dari dibentuknya Espada adalah untuk mewujudkan ambisi Aizen menghancurkan Soul Society. Arrancar sendiri adalah evolusi tertinggi dari Hollow yang memiliki zanpakuto layaknya Shinigami. Di antara ratusan Arrancar yang berada di bawah komando Aizen terdapat 10 yang terkuat yang kemudian menjadi Espada. para anggota Espada memiliki nomor di badan mereka yang menunjukkan ciri khas dan tingkat kekuatan mereka, semakin kecil nomor berarti semakin kuat anggota tersebut. Kekuatan para Espada dapat disejajarkan dengan Kapten Divisi Gotei 13. Kesepuluh sifat yang dimiliki oleh Espada melambangkan 10 alasan kematian manusia. Keberadaan dan cara kerja anggota Espada yang berpusat pada kehendak Aizen meskipun ada beberapa anggota yang sering bertindak sendiri seperti Grimmjow serta  gaya bertarung yang mirip dengan kapten divisi Gotei 13 menjadikan mereka sebagai kelompok antagonis paling menarik di anime Bleach.
2. Genei Ryodan - Hunter x Hunter

Genei Ryodan menjadi antagonis utama dalam serial Hunter x Hunter. Sebuah kelompok yang bertujuan untuk mencuri, merampok, dan membunuh yang didirikan oleh Chlorro Lucifer beserta 6 orang lainnya di Ryusegai, sebuah tempat tanpa aturan yang bahkan tidak tercantum di peta. Berawal dari tempat pembuangan, Genei Ryodan berkembang hingga memiliki 13 anggota termasuk ketua dan bergerak untuk menebar teror. Genei Ryodan menjadi momok yang menakutkan karena banyaknya kejahatan yang mereka lakukan serta sulitnya untuk menangkap mereka, bahkan blacklist Hunter sekalipun akan kesulitan untuk menangkap mereka. Sejauh ini hanya Silva Zoldick dan Kurapika serta Hyosoka yang berhasil mengalahkan anggota Genei Ryodan. Keanggotaan dari Genei Ryodan ditandai dengan tato laba-laba bertuliskan angka di badan. Meskipun terkenal brutal dan sadis tapi Genei Ryodan bergerak layaknya sebuah keluarga, mereka sangat mengkhawatirkan keadaan rekannya. Sebuah kelompok seperti Genei Ryodan memiliki beberapa aturan di antaranya perintah pimpinan adalah hal yang mutlak tetapi keberadaan Genei Ryodan adalah jauh lebih utama dibandingkan dengan keberadaan anggota bahkan pimpinan sekalipun, mengindikasikan jika berbenturan dengan kelangsungan kelompok maka nyawa pimpinan pun dapat dikorbankan. Bahkan jika ada yang tidak menyukai pimpinan orang tersebut dapat menantang pimpinan untuk mengambil posisi tertinggi di kelompok meskipun sampai saat ini tidak ada satupun yang sudi melakukannya. pertikaian di antara sesama anggota juga merupakan sesuatu yang dilarang dan jika ada perdebatan maka harus diseleseikan dengan lempar koin di mana pihak yang kalah harus bersedia mengikuti kemauan yang menang. pergerakan anggota biasanya ditentukan oleh ketua ada yang bergerak sendiri ada yang bergerak berkelompok 2 orang atau lebih, tergantung dari sejauh mana pergerakan tersebut dilakukan. Dengan aturan yang ketat serta ketaatan yang tinggi terhadap pimpinan membuat Genei Ryodan menjadi organisasi antagonis terfavorit pilihan admin. Untuk masalah keanggotaan sejauh ini merupakan kehendak mutlak dari Ketua, jika ketua menyetujui maka seseorang dapat menjadi anggota dengan syarat ada slot kosong yang ditinggalkan oleh anggota sebelumnya.
1. Akatsuki - Naruto

Akatsuki merupakan kelompok antagonis terkeran dan paling terkenal, kepopuleran mereka di antara beberapa pecinta anime bahkan mengalahkan tokoh utama dalam serial manga Naruto. Awal mula cerita Akatsuki dibentuk oleh trio murid Jiraiya dari desa Ame yaitu Konan, Yahiko, dan Nagato. Sebuah insiden dengan Hanzou dan kelicikan dari Tobi mengakibatkan arah pergerakan mereka berubah dari awalnya ingin menciptakan kedamaian di dunia shinobi menjadi kelompok antagonis yang tanpa segan menghabisi lawannya. Akatsuki sejauh ini beranggotakan sepuluh orang dengan ketua pain Yahiko, seiring berjalannya cerita diketahui bahwa Uchiha Obito menjadi pemimpin dibelakang layar Akatsuki dengan mengambil identitas sebagai Madara. Keanggotaan Akatsuki ditandai dengan jubah hitam dengan simbol awan merah, cincin bertuliskan huruf kanji dan garis melintang pada ikat kepala shinobi mereka yang menunjukkan mereka tidak terikat dengan desa shinobi manapun. Akatsuki biasanya bergerak berkelompok 2 orang, kecuali Zetsu yang sejuh ini lebih sering bertugas sebagai pegumpul informasi dan mengurusi tubuh Jinchuriki yang sudah dikalahkan. Jika ada anggota yang meninggal maka dapat digantikan oleh orang lain yang dirasa cocok mengisi posisi yang ditinggalkan. Seperti saat Deidara direkrut untuk menggantikan tempat Orochimaru yang melarikan diri setelah gagal mengambil tubuh Itachi. Semua anggota adalah kriminal tingkat S yang berarti merupakan penjahat yang sangat berbahaya dengan jutsu mengerikan. Masing-masing anggota memiliki tujuan dan alasan masing-masing untuk bergabung dengan Akatsuki meskipun demikian mereka memiliki ketaatan terhadap tujuan organisasi, yaitu mengumpulkan para bijuu untuk dapat digunakan mengontrol dan merubah dunia shinobi. Dengan segala keunikan anggota baik dari segi penampilan, jutsu maupun latar belakang yang mengejutkan serta kostum yang tampak keren nan misterius wajar jika Akatsuki menjadi organisasi antagonis paling keren dan paling favorite di banding organisasi antagonis lainnya.

No comments:

Post a Comment