Tuesday 1 August 2017

You Know Akatsuki?


pecinta anime dan manga Naruto tentu sangat familiar dengan nama Akatsuki. Yupp Akatsuki begitu terkenal bahkan kepopulerannya sebanding dengan sang tokoh utama d serial ini. Akatsuki yang berari fajar adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh Konan, Yahiko dan Nagato di Amegakure, dengan Yahiko bertindak sebagai Ketua. Awalnya Akatsuki berjalan sebagai organisasi damai yang menginginkan kedamaian di negara mereka, yang sering dijadikan medan pertempuran oleh Negara-Negara Besar. Tapi perkembangan pesat dari Akatsuki dengan jumlah anggota yang semakin bertambah menjadi ancaman bagi pemimpin Amegakure, Hanzo. Berkat bantuan Danzo dari Konoha, Hanzo berhasil menjebak Nagato, Yahiko dan Konan. peristiwa ini mengakibatkan kematian Yahiko demi menyelamatkan Konan yang disekap oleh Hanzo. Setelah meninggalnya Yahiko organisasi yang kini dipimpin Nagato menjadi berubah meskipun masih menginginkan perdamaian tapi jalan yang ditempuh sangat berbeda. Dengan bantuan dari Zetsu dan Obito/Tobi, Nagato dan Konan membangun kembali organisasi dengan mengumpulkan para ninja kriminal level S. Jumlah anggota kini berjumlah 10 orang sesuai dengan jumlah jari yang ada pada patung gedo sebagai wadah penyegelan Biju.

Dalam perkembangannya Akatsuki menjadi tentara bayaran yang efektif dan mampu diandalkan. Karena masa damai setelah perang dunia shinobi ketiga banyak negara yang memilih menyewa tentara atau shinobi yang sudah diketahui kemampuannya daripada membangun militer sendiri. Raikage keempat mengklaim bahwa Kirigakure menjadi tempat yang dicurigai sebagai salah satu markas Akatsuki dan menuduh Sunagakure serta Iwagakure sebagai pihak yang memanfaatkan Akatsuki. Meskipun secara formal Nagato bertindak sebagai ketua, namun sesungguhnya Tobi lah yang mengendalikan Akatsuki, melalui Akatsuki Tobi berniat untuk mewujudkan rencana mata bulan Madara dengan mengumpulkan 9 Biju untuk membangkitkan Jubi.


Sebelum Naruto Shippuden, Akatsuki hanya diperlihatkan secara sekilas dan disebutkan pertama kali oleh Jiraiya yang menemukan informasi tersebut setelah menyelidiki aktivitas Orochimaru yang pergi meninggalkan desa. Orochimaru diketahui sempat bergabung dengan Akatsuki sebelum akhirnya keluar karena gagal merebut mata Itachi. Kejadian itu mengakibatkan tangan kanan Orochimaru terputus. Itachi  dan Kisame menjadi anggota Akatsuki yang pertama diperlihatkan kemunculannya dalam anime. Mereka berdua diketahui mencari keberadaan Kyubi namun dapat digagalkan oleh Jiraiya, walaupun pada akhirnya diketahui juga bahwa motif dari Itachi adalah untuk memastikan keselamatan dari Sasuke setelah Hokage ke-3 gugur saat Sunagakure dan Orochimaru menyerang Konoha pada ujian Chunin. Selain Itachi dan Kisame, Zetsu juga menjadi anggota Akatsuki yang diperlihatkan kemunculannya di bagian I serial Naruto ia muncul setelah menyaksikan pertarungan Naruto dan Sasuke di Lembah Akhir saat Sasuke bersikeras pergi ke tempat Orochimaru.

Naruto Shippuden menjadi panggung bagi Akatsuki untuk tampil sebagai antagonis utama. Deidara dan Sasori menjadi anggota Akatsuki yang langsung muncul setelah sesi II dimulai. Mereka berdua mendapat misi untuk menangkap Shukaku yang terdapat dalam tubuh Kazekage ke-5, Gaara. Deidara berhasil menangkap Gaara melalui pertempuran yang sengit. Di akhir penyegelan kemunculan tim penyelamat dari Konoha yang dibantu Chiyo Basama menghadirkan pertempuran yang seru yang berakhir dengan matinya Sasori. Deidara yang kehilangan ke-2 tangannya berhasil melarikan diri dan untuk pertama kalinya sosok Tobi dimunculkan yang kelak akan menjadi rekan Deidara menggantikan Sasori. Keanggotaan Deidara di Akatsuki awalnya untuk menggantikan Orochimaru yang keluar dari Akatsuki. Ia bergabung setelah kalah bertarung dengan Itachi. Hal ini mengakibatkan ia memiliki dendam pribadi pada Itachi.

Akatsuki selanjutnya bergerak semakin aktif dalam menangkap para Biju. Sanbi ditangkap oleh Deidara dan Tobi dan relatif lebih mudah ditangkap karena memanfaatkan kelemahannya dalam berpikir. Dalam anime penangkapan Sanbi melibatkan insiden Shinobi dari Konoha dan anak buah Orochimaru karena kedua pihak juga menginginkan Sanbi. Selanjutnya Kakuzu dan Hidan dimunculkan sebagai pasangan baru Akasuki. Keinginan Kakuzu untuk membunuh rekannya dan kemampuan Hidan yang tidak bisa mati menjadikan Hidan dipilih menjadi pasangan bagi Kakuzu. Karena perhatiannya pada uang dan kegemarannya menukarkan mayat Shinobi dengan uang di pelelangan gelap, Kakuzu mengklaim dirinya sebagai bendahara Akatsuki. Mereka berdua mendapat tugas untuk menangkap Nibi yang ada dalam Kunoichi Kumogakure, Yugito. Setelah penangkapan Nibi, Hidan dan Kakuzu bergerak mencari Kyubi di Konoha. Minimnya informasi mengenai Kyubi membuat mereka secara serampangan menyerang kuil api di Konoha karena mengira Kyubi di sana. Aksi mereka yang menghancurkan kuil api dan membunuh semua biksu termasuk Chiriku, salah satu dari 12 ninja pelindung Daimyo Negara Api membuat mereka menjadi terget buruan Konoha. pada akhirnya keributan yang mereka lakukan menyebabkan kematian Asuma. Hidan berakhir setelah dijebak oleh Shikamaru hingga menyebabkan ia tak bisa bangkit lagi, sementara Kakuzu berhasil dikalahkan oleh kombinasi Kakashi, Naruto, Shikamaru, Ino dan Chouji.

Dalam manga sempat diperlihatkan Kisame berhasil menangkap Roushi, Jinchuriki Yonbi dari Iwagakure. Dalam anime, pain berhasil menangkap ekor 6 dari Kirigakure, seorang shinobi yang bernama Utakatta yang ketika ditangkap menjadi ninja pelarian Kirigakure. Semakin terlihat mencolok maka perburuan terhadap Akatsuki juga semakin gencar. Satu per satu anggota berhasil dikalahkan. Anggota yang pertama mati adalah Sasori. Hidan dan Kakuzu menjadi satu-satunya kelompok yang diketahui mati secara bersamaan. Deidara dan Itachi menjadi anggota yang gugur bukan karena misi melainkan karena permasalahan pribadi mereka. Deidara yang merasa tidak terima Sasuke berhasil mengalahkan Orochimaru dan bermaksud mengalahkannya sementara Itachi yang memiliki masa lalu kelam dengan Sasuke, bermaksud menyeleseikan dengan caranya sendiri. Menjelang penangkapan Kyubi, Akatsuki hanya tersisa pain, Konan, Tobi, Zetsu, dan Kisame. pain pada akhirnya kalah melawan Naruto dan mengikuti jalan Naruto dengan mengorbankan dirinya membangkitkan nyawa warga Konoha yang telah ia bunuh meskipun sempat menghancurkan Konoha. Setelah kepergian pain, Konan kembali ke Amegakure dan secara tidak resmi sudah keluar dari Akatsuki. Sasuke meskipun sempat bergabung dengan Akatsuki saat penangkapan Hachibi tapi pada akhirnya lebih memilih untuk bergerak sendiri dengan tim Taka yang ia bentuk. Dalam keadaan yang tidak menguntungkan Tobi justru mendeklarasikan perang terhadap seluruh negara besar Shinobi saat kelima Kage mengadakan pertempuran di negara Besi. padahal anggota Akatsuki hanya tersisa 3 orang yaitu Zetsu, Tobi, dan Kisame. Kisame akhirnya juga mati saat misi penyusupannya di tempat latihan Hachibi dan Kyubi terungkap oleh kemampuan Naruto setelah pengendalian cakra Kyubi. Beruntung Kabuto bergabung dan berhasil menggunakan teknik kuchiyose edo tensei untuk memanggil shinobi yang mati termasuk anggota Akatsuki yang gugur sebelumnya.

Akhirnya meskipun Kabuto telah menggunakan edo tensei untuk menghidupkan kembali para shinobi hebat yang telah mati, Akatsuki tetap kalah. Tobi yang terkuak identitasnya sebagai Obito, rekan satu tim Kakashi sewaktu berada di bawah bimbingan Minato malah berkhianat dan memilih berpihak dengan pasukan aliansi Shinobi, meninggalkan Madara dan Kuro Zetsu, Madara akhirnya diketahui sebagai pihak yang menginisiasi terbentuknya Akatsuki dengan menghasut Obito dan memberi Nagato Rinnegan. perjalanan Madara dan Akatsuki berakhir antiklimaks dengan pengkhianatan yang dilakukan olah Kuro Zetsu, demi tujuan pribadi membangkitkan ibu dari segala cakra Kaguya. Meskipun, Naruto dan Sasuke berkat petunjuk dari Hogoromo berhasil menyudahi rencana Kaguya dan Kuro Zetsu dengan menyegel mereka dalam Chibaku Tensei.

SERAGAM
Anggota Akatsuki memiliki seragam yang sangat khas dan sangat mudah dikenali. Seragam Akatsuki begitu ikonik sehingga menjadi salah satu favorite para costplayer.  Anggota Akatsuki memakai lengan panjang, jubah gelap dengan awan merah, interior merah, dan kerah dagu-tinggi, khusus untuk Tobi dan tim Taka mereka memiliki mantel berkerudung dengan motif awan merah. Awan merah mewakili hujan darah yang jatuh di Amegakure selama perang antar shinobi tersebut, dan dipandang sebagai simbol keadilan oleh anggota aslinya. Semua anggota memakai cat kuku hitam di jari mereka. Awal kemunculan mereka ketika berkunjung ke suatu desa selalu memakai atribut topi jerami berbentuk kerucut dengan torsi hias kecil dan jumbai menggantung ke bawah wajah mereka. Namun saat identitas mereka mulai terkuak sangat jarang dilihat ada anggota yang memakai topi jerami lagi. Beberapa anggota mencoret simbol pada pelindung dahi mereka untuk melambangkan hubungan yang rusak dengan desa mereka, sebuah adat yang berasal dengan Nagato dan faksi saingannya dalam perang sipil Amegakure dan juga sebagai penanda bahwa mereka bukn lagi shinobi asal desa mereka. Semua orang juga memakai cincin di jari dengan tulisan kanji yang berbeda, tergantung pada siapa anggota tersebut. Cincin tampaknya menjadi identitas paling penting mereka, posisi jari mereka dalam mengenakan cincin menjadi posisi mereka saat menyegel Biju dalam Gedo Mazo. Orochimaru saat keluar dari Akatsuki membawa serta cincin yang ia kenakan sehingga tidak dapat diganti sementara cincin yang dikenakan Sasori dikenakan oleh Tobi saat Tobi masuk menggantikan Sasori. Berbagai cincin adalah sebagai berikut:
  • Jempol kanan: "nol" (零, rei); dikenakan oleh pain. Warnanya keunguabu-abuan.
  • Jari telunjuk kanan: "biru,hijau" (青, ao, shō); dikenakan oleh Deidara. Warnanya adalah ungu.
  • Jari tengah kanan: "putih" (白, bya); dikenakan oleh Konan. Warnanya putih.
  • Jari manis kanan: "merah terang", "merah" (朱, shu); dikenakan oleh Itachi. Warnanya merah.
  • Jari kelingking kanan: "tanda babi hutan" (亥, gai); dikenakan oleh Zetsu. Warnanya hijau.
  • Jari kelingking kiri: "langit", "kekosongan" (空, ku); dikenakan oleh Orochimaru. Warnanya adalah biru sabak.
  • Jari manis kiri: "selatan" (南, nan); dikenakan oleh Kisame Hoshikagi Warnanya kuning.
  • Jari tengah kiri: "utara" (北, hoku); dikenakan oleh Kakuzu. Warnanya hijau tua.
  • Jari telunjuk kiri: "tiga" (三, san); dikenakan oleh Hidan. Warnanya oranye.
  • Jempol kiri: "permata", "bola", juga raja hitam di shogi (玉, gyoku); dikenakan oleh Sasori dan kemudian oleh Tobi. Warnanya ungu. 

Delapan dari sepuluh kanji dari cincin diambil dari kuji-in (Sembilan Sukukata Stempel): koleksi sembilan postur tangan yang digunakan dalam meditasi. Kuji-in ini telah menemukan cara mereka ke cerita rakyat Ninja sebagai semacam mantra sihir. Pain "rei" dan Zetsu "gai" tidak dari Kuji-in. Namun, satu-satunya kanji Kuji-in yang tidak terpakai, 玄 (gen, "misterius") memiliki kemiripan yang kuat dengan "gai" milik Zetsu, menunjukkan kesalahan. Ini akan menjadi kesalahan yang konsisten, namun, sejak kanji "gai" telah digunakan dalam setiap contoh kanji cincin itu telah terbukti, baik dalam manga dan buku data.
Dalam Bagian II, Taka akhirnya bergabung dengan Akatsuki. Mereka mengenakan kaos Akatsuki berkerudung atas pakaian mereka yang biasa, tetapi tidak memakai apapun penanda lain dari organisasi, menandakan bahwa aliansi mereka hanya salah satu dari kamuflase. Sasuke mengklaim bahwa ia hanya menggunakan Akatsuki, dan berusaha untuk memutuskan hubungan dengan mereka ketika mereka berpikir Hachibi ditangkap. Pada gilirannya, Tobi mengancam akan membunuh mereka untuk setiap upaya pengkhianatan. 


Tujuan Organisasi
Di Bawah Yahiko
Di bawah kepemimpinan Yahiko, kelompok itu dimaksudkan untuk mengakhiri perang yang berlangsung di Amegakure dan menciptakan perdamaian. Yahiko merekrut orang dengan tujuan yang sama dengannya yaitu menginginkan kedamaian. Yahiko juga tidak berniat membunuh orang lain, ia lebih senang memberikan mereka pelajaran sambil memberikan pengarahan akan misinya dalam perdamaian. Dalam anime Yahiko memberi nama organisasi mereka dengan nama Akatsuki saat berlari dan melihat fajar. Dia juga menegaskan bahwa organisasi itu dimaksudkan untuk bertindak sebagai unit dukungan untuk Nagato, yang ia percaya akan membawa perdamaian ke dunia
Di Bawah Nagato
Setelah kematian Yahiko dan transisi Nagato ke Pain, tujuan Akatsuki bergeser dengan dominasi dunia. Nagato telah menyebutkan proses tiga langkah untuk bekerja dengan cara mereka menuju tujuan ini. Pertama, mereka berencana untuk mendapatkan sejumlah besar uang untuk mendukung organisasi mereka. Kedua, mereka berencana untuk mendirikan sebuah tentara bayaran yang setia hanya untuk Akatsuki. Untuk membangun reputasi mereka, mereka berencana untuk menerima misi di bawah biaya biasa dan beroperasi darinya untuk mendapat kelebihan dana yang diperoleh dalam bagian pertama dari rencana mereka. Karena belum ada perang dalam beberapa waktu, banyak desa shinobi yang lebih kuat dan terkenal tidak mampu untuk mencapai seperti misi karena harga rendah seperti, memimpin negara-negara kecil untuk menyewa Akatsuki selama desa shinobi lebih mahal. Dengan menggunakan Biju, Akatsuki akan memulai perang dan kemudian segera memadamkan mereka, memperkuat reputasi mereka dan meyakinkan setiap negara tergantung pada mereka, sehingga menyudutkan pasar tenaga kerja shinobi. Tanpa bisnis, desa-desa shinobi lain akan runtuh karena kurangnya dana. Akhirnya, setelah itu Akatsuki menjadi satu-satunya kekuatan utama shinobi yang ada, mereka dapat dengan mudah menaklukkan negara-negara lain. Anggota tidak otomatis belajar dari rencana setelah bergabung; Hidan tidak mengetahui tentang hal itu sampai ia menjadi anggota untuk beberapa waktu. Selama seri, Akatsuki telah menyegel tujuh dari sembilan monster berekor sebelum dimulainya perang dunia shinobi keempat.
Namun, tujuan yang sebenarnya Nagato untuk rencana ini tidak melibatkan Akatsuki menaklukkan bangsa-bangsa lain, melainkan menggunakan kekuatan monster berekor sebagai sarana untuk menakut-nakuti dunia menjadi tidak ada pertempuran lagi. Dengan memanfaatkan chakra monster berekor untuk menciptakan jutsu kuat, Akatsuki bisa segera menghancurkan satu sisi perang dan menakut-nakuti sisi lain dari melanjutkan pertarungan. Ini adalah sampai mereka akhirnya lupa ketakutan ini dan keniscayaan perang mengarah ke pertempuran untuk melanjutkan, di mana kinjutsu akan digunakan lagi. Dengan demikian siklus akan terlulang, menciptakan periode kecil perdamaian di rantai tak berujung kebencian.
Di Bawah Obito
Setelah menjadi penerus Madara, Obito Uchiha dimanipulasi Nagato untuk menjadi pion dalam koleksi sembilan monster berekor meskipun sebenarnya dia lah yang telah menggunakan Nagato. Sesuai rencana Madara, alih-alih menggunakan kekuatan monster berekor untuk memulai dan perang berakhir, ia akan menggunakannya untuk membangkitkan Juubi. Melakukan hal ini ia akan mampu melemparkan Mugen Tsukoyomi dari bulan menjebak seluruh dunia di bawah genjutsu dan memberikan dia kekuatan untuk menciptakan dunia yang ia inginkan. Anggota Akatsuki asli, hanya Kisame dan Zetsu yang mengetahui rencana ini dengan benar.
 

No comments:

Post a Comment