Friday 11 August 2017

Mengenal Ouka Shichibukai

Ouka Shichibukai atau yang lebih dikenal dengan nama Shichibukai adalah perkumpulan 7 bajak laut yang sangat kuat yang menjalin kesepakatan dengan pemerintah dunia. Mereka bersedia membantu dan mentaati perintah dari pemerintah dunia untuk mengamankan kepentingan pemerintah, seperti saat mereka bersedia dipanggil untuk membantu Marine menghadapi Shirohige. Namun, sebagai bayarannya, maka aksi mereka akan dilegalkan oleh pemerintah dunia serta harga buronan mereka dibekukan. Meski terbentuk secara kelompok tapi masing-masing dari mereka tidak saling membantu dan bergerak secara individu, ego yang terlalu tinggi dari masing-masing anggota menimbulkan sedikit rasa hormat di antara mereka. Hanya Doflamingo dan Kuma yang tercatat pernah dan mau bekerja sama. Mereka juga enggan bekerja sama dengan Marine dan cp yang notabene adalah organisasi resmi pemerintah dunia dalam menjaga kedamaian lautan. Tidak ada istilah ketua dalam Shichibukai karena mereka akan berkumpul jika mendapat panggilan dari pemerintah dunia, dalam hal ini pemerintah dunia lah pemimpin resmi mereka. pemerintah mempunyai wewenang untuk memecat anggota yang terbukti beraliansi dengan bajak laut lain seperti kasus Law yang beraliansi dengan Luffy atau jika ada anggota yang diketahui secara publik telah dikalahkan oleh bajak laut lainnya, seperti kasus Crocodile dan Doflamingo yang dikalahkan Luffy. Karena secara harfiah berarti 7 penguasa lautan yang diharapkan mampu menjaga keseimbangan lautan bersama dengan Marine dan Yonko, maka Shichibukai tidak boleh dikalahkan oleh bajak laut lainnya.

Shichibukai direkrut langsung oleh Gorosei dari bajak laut yang memiliki reputasi tinggi atau memiliki kemampuan yang mengesankan pemerintah dunia meski belum memiliki nilai buronan yang besar. Karena mendapatkan legalitas dan bersedia membantu pemerintah dunia maka sebagian bajak laut membenci mereka dan menganggapnya sebagai anjing pemerintah, meskipun mereka juga tidak serta merta berani menantang bertarung dengan Shichibukai dikarenakan kekuatannya yang menakutkan. Anggota Shichibukai rata-rata adalah bajak laut yang sudah malang melintang di lautan, dan mayoritas pernah bertarung melawan Yonko meski mengalami kekalahan.

Dalam hal keuntungan menjadi Shichibukai sangat menguntungkan, Segala kejahatan yang telah mereka lakukan akan diampuni dan nilai buronan akan dibekukan. Mereka juga diijinkan untuk memanfaatkan beberapa fasilitas pemerintah seperti berkunjung ke Impel Down dan memanfaatkan batu laut serta bebas melakukan busnis legal mereka. Bahkan mereka pun bisa menduduki sebuah pulau atau kerajaan tanpa sedikitpun pihak dari Marine atau pemerintah yang menghalangi. Beberapa Shichibukai juga memanfaatkan status mereka untuk bebas melakukan bisnis ilegal dan pemerintah akan tutup mata terhadap masalah ini. Dengan segala keuntungan yang didapat, maka pemerintah juga menuntut mereka untuk tunduk pada pemerintah dan menjaga citra sebagai penyeimbang Lautan. Karena itu lah pembangkangan dan kekalahan akan membuat mereka otomatis kehilangan posisi mereka.

Anggota yang masih aktif
1. Dracule Mihawk
Mihawk adalah Shichibukai pertama yang diperlihatkan dalam serial ini dan memiliki julukan sebagai pendekar pedang terhebat, kemungkinan reputasinya sebagai ahli pedang inilah yang membuatnya direkrut. Mihawk merasa tertarik dengan kru Topi Jerami terutama pada Zoro yang berani menantangnya di Baratie. Mihawk adalah rival Shanks di masa lalu dan dikabarkan pernah melakukan duel dengan Shanks meskipun tidak diketahui siapa pemenangnya. Sebagai anggota awal dari Shichibukai, Mihawk adalah salah satu anggota yang paling taat dan tidak memanfaatkan posisinya untuk menjalankan bisnis ilegal. Sampai saat ini tidak diketahui alasan di balik bergabungnya dia ke Shichibukai, tapi jika melihat penampilan dan sikapnya mungkin Mihawk sebenarnya adalah salah satu keturunan Bangsawan seperti Doflamingo. Ia tidak memiliki kru dan selama ini selalu berlayar sendirian. Mihawk memilih pulau Kuraigana, sebuah pulau yang ditinggalkan penghuninya akibat perang saudara sebagai tempat tinggal. Saat ini salah satu alasan bertarung Mihawk adalah untuk mencari lawan yang mampu menyenangkan hatinya.
2. Boa Hancock
Boa Hancock menjadi satu-satunya Shichibukai wanita, ia direkrut ketika berumur 18 tahun saat menyeleseikan pelayaran pertamanya dan mendapatkan bounty 80.000.000. pemerintah dunia tampaknya terkesan dengan kemampuannya sebagai kapten bajak laut Kuja. Motivasi Hancock menjadi Shichibukai adalah demi menjaga ketenangan dan keamanan kerajaan Amazon Lily, seperti diketahui selain bertindak sebagai kapten bajak laut Kuja ia juga berperan sebagai ratu Amazon Lily. Ia juga sesungguhnya tidak terlalu taat dengan pemerintah dunia karena dulu sewaktu kecil pernah dijadikan budak oleh kaum Naga Langit, menjadikannya sangat membenci pemerintah. Ia diketahui jatuh cinta pada Luffy dan kemungkinan akan mengancam reputasinya sebagai Shichibukai di masa depan.
3.  Bartholomew Kuma
Kuma adalah yang paling taat di antara semua Shichibukai, ia hampir tidak pernah membantah perintah yang diberikan pemerintah dunia bahkan sebelum ia diubah menjadi Cyborg sepenuhnya oleh Dr Vegapunk. Kuma adalah mantan Komandan Revolusioner Army yang mendapat julukan si kejam karena aksinya yang kelewat batas dalam menginterogasi tahanan, yang entah dengan alasan apa bersedia menjadi Shichibukai. padahal menurut Ivankov Kuma sangat membenci pemerintah dunia. Kemungkinan besar alasan bergabungnya adalah karena mendapat perintah dari Dragon untuk menyelidiki informasi tertentu atau mendapatkan akses ke lokasi strategis milik pemerintah dunia. Sama seperti Mihawk, Kuma juga tidak memiliki kru.
4. Buggy
Buggy menjadi salah satu Shichibukai tentu menjadi kabar yang mengejutkan. Ia yang dianggap sebagai tokoh lemah dalam serial ini mendapat undangan sebagai anggota Shichibukai setelah perang Marineford. Sepertinya masa lalu Buggy sebagai anggota kru Roger meskipun cuma sebatas magang dan keakrabannya dengan Yonko Shanks serta fakta bahwa ia berhasil mempengaruhi sebagian tahanan Impel Down yang kabur untuk menjadi anak buahnya menjadi pertimbangan bagi pemerintah dunia untuk merekrutnya. Buggy memanfaatkan posisinya sebagai Shichibukai untuk mendirikan bisnis tentara bayaran di dunia bawah. Setelah Doflamingo tumbang Buggy berencana merebut lahan bisnis Doflamingo di dunia bawah.
5. Edward Weeble
Weeble diperkenalkan sebagai Shichibukai teranyar yang direkrut oleh pemerintah. Weeble mengaku sebagai putra dari Shirohige dan bermaksud membunuh semua aliansi dan kru Shirohige yang ikut berperang dalam Marineford demi mendapatkan harta karun Shirohige yang ia percaya disembunyikan oleh para kru Shirohige. Tindakan dari Weeble sebenarnya sudah menjadi perhatian dari Marine karena aktivitasnya yang kelewat batas dalam melakukan kerusakan tapi karena statusnya ia dibiarkan begitu saja. kalau dilihat Weeble adalah yang terbodoh dari semua Shichibukai dan sepertinya dikendalikan oleh ibunya, meskipun begitu ia diakui sangat kuat bahkan Kizaru membandingkan kekuatannya dengan Shirohige pada waktu masih muda. Motivasi Weeble menjadi Shichibukai sepertinya murni karena keinginan ibunya yang tertarik pada harta karun Shirohige.

Mantan Anggota
1. Sir Crocodile
Crocodile adalah Shichibukai pertama yang statusnya dicabut setelah dikalahkan oleh Luffy dan terbukti memanfaatkan posisinya untuk merebut kekuasaan dari Kerajaan Arabasta yang merupakan salah satu Kerajaan yang berlindung di bawah WG. Crocodile memiliki masa lalu yang suram setelah dikalahkan oleh Shirohige dan sepertinya reputasi pernah bertempur dengan Yonko menjadikannya sebagai Shichibukai. Ia membangun jaringan bisnis ilegal pemburu bajak laut Baroque Works dengan tingkatan anggota yang sangat sistematis dan anggota yang berada dalam posisi bawah hampir tidak mengenalnya. Ia menjadi salah satu tahanan yang kabur dari Impel Down saat Luffy membuat keributan di sana. Setelah perang Marineford Crocodile diperlihatkan tengah memulai petualangan dengan Daz Bones di Dunia Baru.
2. Jinbei
Jinbei menerima posisi sebagai Shichibukai demi menyelamatkan nyawa Arlong dan kru bajak laut Matahari setelah kematian Fishe Tiger. Tindakannya ini sempat mendapat kecaman dari Arlong dan beberapa kru bajak laut Matahari karena menerima posisi Shichibukai dari pemerintah, pihak yang sudah menyebabkan kematian Fisher Tiger dan penderitaan bagi sebagian manusia ikan.  Akan tetapi, Arlong memanfaatkan status Jinbei untuk membangun kekuatan manusia ikan di East blue tempat kediaman Nami. Statusnya sebagai Shichibukai dicabut atau lebih tepatnya ia mengundurkan diri karena menolak perintah pemerintah untuk bertarung dengan Shirohige dalam perang Marineford. Alasan utama Jinbei menolak bertarung adalah karena Jinbei sangat menghormati Shirohige yang telah memberikan perlindungan pada pulau manusia ikan. Saat ini ia sedang bertarung bersama dengan Luffy melawan Big Mom dan kemungkinan akan menjadi kru Luffy.
3. Marshall D. Teach
Teach atau Kurohige adalah mantan kru Shirohige yang kabur setelah membunuh Kapten Divisi Ke-4 Thatch dan mencuri buah Yami Yami. Meskipun memiliki nilai buronan 0, ia diterima menjadi anggota Shichibukai setelah mengalahkan Kapten Divisi ke-2 Shirohige portgas D Ace dan menyerahkannya kepada pemerintah. Masuknya Kurohige ke dalam anggota Shichibukai menggantikan posisi Crocodile yang dicopot pasca kekalahannya melawan Luffy. Teach merusak pola hewan anggota Shichibukai awal, karena ia tidak memiliki konotasi dengan hewan, berbeda dengan Boa Hancock (Ular), Mihawk (Elang), Doflamingo (Burung Flamingo), Jinbei (paus), Crocodile (Buaya), Gecko Moria (Tokek), dan Bartholomew Kuma (Beruang). Motivasi Teach sebenarnya adalah untuk bisa menerobos gerbang keadilan dan memasuki Impel Down dengan memanfaatkan status sebagai Shichibukai dan membebaskan tahanan level 6 untuk direkrut menjadi krunya. Setelah mendapatkan kru yang kuat ia memutuskan untuk keluar dari Shichibukai dan bergerak untuk menjadi Yonko.
4. Gecko Moria
Moria adalah bajak laut yang lama melintang di dunia baru, ia pernah dikalahkan oleh Kaido dan menyimpan dendam terhadapnya. Kemungkinan karena masalah dengan Kaido yang membuatnya ditawari posisi Shichibukai. Moria sempat dikalahkan oleh Luffy dalam arc Thriller Bark. Meskipun begitu ia tetap dipanggil mengikuti perang karena sedikitnya waktu menjelang perang melawan Shirohige dan tidak menyebarnya berita kekalahan Moria. Setelah perang Moria berusaha disingkirkan oleh pemerintah melalui pacifista dan bantuan Doflamingo karena dianggap sudah terlalu lemah untuk menyandang status Shichibukai, tapi kabar terbaru  ia berhasil melarikan diri dan masih berkelana di Lautan.
5. Trafalgar Law
Law adalah bajak laut yang satu angkatan dengan Luffy yang terkenal dengan julukan 11 Supernova dan kemudian dianggap sebagai generasi terburuk bersama dengan 10 supernova lainnya ditambah Kurohige. Law adalah yang termuda yang menjadi Shichibukai, sesuatu yang membuatnya patut diwaspadai dari segi kekuatan. Ia menyerahkan 30 jantung bajak laut kepada pemerintah demi bisa diterima sebagai Shichibukai. Tujuan Law masuk sebagai Shichibukai adalah demi bisa memanfaatkan fasilitas penelitian untuk bisa menemukan celah mengalahkan Doflamingo. Ia memutuskan keluar setelah mengumumkan aliansinya dengan Luffy. Saat ini aliansi Law dan Luffy ditambah para Minks dan samurai sedang bersiap melawan Yonko Kaido.
6. Donquixote Doflamingo

Doflamingo adalah bajak laut yang mendapat status Shichibukai setelah berhasil menekan pemerintah dunia dengan harta karun yang ia sebut akan menjadi kartu as. Dengan posisinya Doflamingo berhasil merebut Kerajaan Dressrosa yang notabene merupakan salah satu kerajaan yang berafiliasi dengan WG. Ia juga berhasil dalam bisnis ilegal penyelundupan senjata ilegal, bisnis buah iblis tiruan dan perdagangan manusia, jaringan bisnisnya bahkan mencapai Yonko dan kaum Naga Langit. Doflamingo dikenal sebagai pemasok utama buah iblis bagi kru Kaido. Semua kegiatannya berhasil karena ia adalah Shichibukai. Namun kerajaan bisnis yang ia bangun termasuk reputasinya hancur gara-gara Luffy dan Law. Aliansi mereka ditambah pasukan pemberontak dari suku kurcaci berhasil menumbangkan Doflamingo meski ia sudah meminta bantuan cp 0 aegis dan Marine. Kekalahan Shichibukai otomatis akan membuat ia kehilangan posisinya. Ia saat ini sedang dibawa menuju Impel Down.

No comments:

Post a Comment