Thursday 26 October 2017

7 Pedang Legendaris Kirigakure


Saat ini di serial anime Boruto yang merupakan lanjutan dari serial Naruto sedang hits membahas mengenai desa Kirigakure termasuk terbentuknya kelompok 7 pemegang pedang ninja generasi baru dari desa tersebut. Tidak seperti tujuan awalnya yang dulu dibentuk demi tujuan melindungi desa dan Mizukage, kali ini kelompok ini justru berniat untuk memulai revolusi terhadap desa yang mereka anggap sudah melenceng terlalu jauh dari harapan mereka untuk membuat desa Kirigakure menjadi desa kabut berdarah. Sambil kita mengikuti perkembangan cerita dari Boruto lebih baik kita berkenalan dulu dengan pedang-pedang legendaris Kirigkure ini.

1. Samehada


Samehada secara harfiah berarti adalah kulit hiu. Hal ini sesuai dengan bentuk dari Samehada yang berupa sisik-sisik tajam karena fungsi utama dari pedang ini bukanlah untuk memotong melainkan untuk merobek kulit lawannya. Samehada dianggap yang paling mengerikan dari semua pedang Kirigakure karena pedang ini seolah-olah hidup dan mampu memilih tuannya. Samehada diketahui hanya memilih tuan yang memiliki cakra besar seperti Kisame dan Killer Bee. Kemungkinan Suikazan juga memiliki cakra yang besar sehingga dapat mengendalikan Samehada. Dalam keseharian Samehada akan dibalut perban untuk menutup penampilannya. Keistimewaan dari senjata ini adalah ia mampu menyerap cakra lawan dan mentransferkan cakra tersebut ke tuannya yang memungkinkan Tuan dari Samehada tidak akan pernah kehabisan cakra ketika bertarung dan dalam keadaan tertentu mampu menyatu dengan Tuannya sehingga meningkatkan kemampuan bertarung. Semakin besar cakra yang mampu diserap oleh Samehada maka semakin besar pula penampilannya.
User : Suikazan Fuguki, Hoshikagi Kisame, Killer Bee.

2. Kubikiribouchou

Kubikiribouchou adalah pedang pertama yang diperlihatkan dalam anime Naruto saat misi pertama Tim 7 dan dikenal sebagai pedang pemenggal. Secara fisik, Kubikiribouchou mirip dengan alat pemotong daging dengan penampilan yang lebih besar dan memiliki lubang yang besar di badan pedangnya yang dapat digunakan untuk meletakkan kepala lawan yang akan dipenggal. Keunikan dari pedang ini adalah ia tidak dapat dihancurkan karena setiap kerusakan akan mampu diperbaiki hanya dengan menebas lawan, zat besi dari darah lawan akan digunakan untuk meregenerasi bagian pedang yang rusak. Pemegang pedang ini yang pertama diperlihatkan adalah Juzo Biwa yang dalam anime diceritakan terbunuh saat bertarung dengan Mizukage ke-4, selanjutnya Zabuza menggunakan pedang ini dan mendapatkan reputasinya sebagai iblis dari Kirigakure, namun sayang saat bertarung dengan Kakashi, Zabuza terbunuh dan dalam waktu lama pedang ini tidak ada pemiliknya.
User : Juzo Biwa, Momochi Zabuza, Houzuki Suigetsu.

3. Kiba

Kiba yang berarti taring dikatakan sebagai yang tertajam dari semua pedang Kirigakure. Secara fisik ia berupa pedang kembar yang memiliki 2 cabang berbentuk duri di masing-masing pedang. Kemampuan unik dari pedang Kiba adalah mampu mengalirkan elemen petir yang sangat besar meskipun pengguna bukan merupakan penggunan elemen petir. Raiga Kurosuki pernah menyebutkan dalam anime bahwa elemen petir dari pedang Kiba tak terbatas. Elemen petir inilah yang menyebabkan pedang Kiba menjadi yang tertajam dari semua senjata Kirigakure.
User : Ringo Ameyuri, Raiga Kurosuki

4. Nuibari

Nuibari yang berarti benang jahit merupakan senjata andalan yang digunakan Kushimaru Kuriarare seorang anbu dari Kirigakure yang tergabung dalam kelompok 7 pendekar pedang Kirigakure. Nuibari memiliki bentuk yang menyerupai jarum tenun dan kawat sebagai benangnya. Nuibari dikenal pedang yang unggul dalam kecepatan dan memiliki kemampuan untuk menembus tubuh beberapa musuh dalam sekejap dan menyatukan mereka persis seperti menjahit, membuat pedang ini sangat efektif digunakan dalam kabut dan menciptakan efek membunuh yang sangat kejam.
User : Kushimaru Kuriarare

5. Shibuki

Shibuki memiliki arti harfiah percikan yang kemungkinan didasarkan pada kemampuan unik pedang ini. Seperti pernah diperlihatkan bahwa Shibuki adalah pedang yang berbentuk gulungan dengan salah satu sisi dilapisi kertas peledak yang terusun rapi. Ketika pedang digunakan untuk menyerang maka musuh tidak hanya harus menangkis tajamnya pedang tapi juga harus mengantisipasi ledakan yang dihasilkan. pedang ini sangat efektif digunakan dlam menyerang dalam musuh yang banyak tapi di sisi lain juga membahayakan penggunannya sehingga diperlukan keahlian khusus dalam menggunakannya.
User : Jinpachi Munashi
  
6. Hiramekarei

Hiramekarei adalah pedang besar dengan 2 gagang berbentuk menyerupai ikan dengan ujung lancip dan bagian belakang berbentuk seperti sirip. Kemampuan spesial dari Hiramekarei adalah mampu menyimpan cakra pengguna dan mengubahnya menjadi bentuk yang diinginkan seperti palu atau pedang panjang sehingga memperluas jangkauan serangan. Bisa dikatakan pedang ini adalah media penyimpan cakra untuk kemudian diubah menjadi bagian dari pedang ini sendiri. Hiramekarei juga menjadi satu-satunya senjata legendaris Kirigakure yang masih bisa dipertahankan keberadaannya di desa menjelang perang dunia shinobi ke-4. 
Usher : Hozuki Mangetsu, Chojuro

7. Kabutowari


Kabutowari sebenarnya dapat dikategorikan bukan pedang karena bentuknya yang memang tidak menyerupai pedang sama sekali. Bentuk Kabutowari adalah gabungan dari kapak dan palu yang dihubungkan dengan tali. Sesuai namanya yang berarti pemecah helm, Kabutowari memiliki kemampuan untuk menghancurkan pertahanan. Dikatakan bahwa tidak ada pertahanan yang bisa bertahan dari serangan Kabutowari. Kekuatan serangan dari pedang ini berasal dari kapak yang tajam dan didorong dengan hantaman palu yang keras sehingga menghasilkan daya hancur yang luar biasa. Dikombinasikan dengan kelincahan pengguna membuat senjata ini sangat efektif dalam serangan menembus barikade pertahanan musuh.
User : Jinin Akebino

No comments:

Post a Comment