Wednesday 18 October 2017

7 Misteri Dalam FIlm Pengabdi Setan


Beberapa pekan ini kita semua dihebohkan dengan rilisnya film pengabdi setan. Film yang merupakan remake dari film berjudul serupa yang rilis pada tahun 1980-an ini sukses meniingkatkan citra dan standar film horor Indonesia. Tidak ada lagi aksi jualan paha dan dada, film ini benar-benar fokus dengan cerita horor sambil diselingi beberapa jokes yang diharapkan membuat film ini tidak sepenuhnya menegangkan. Meskipun beberapa pengamat film masih mengkritisi kekurangan dari segi cerita namun secara keseluruhan film ini menjadi salah satu film yang layak untuk ditonton. 

Jika anda sudah menyaksikan pengabdi setan pasti akan ada beberapa pertanyaan yang timbul. Bukannya tuntas di ending tapi film ini justru masih menyisakan misteri yang menjadi tanda tanya bagi penonton, yang sepertinya sengaja dilakukan oleh Joko Anwar untuk bisa membuat prekuel atau sekuel. Yukk kita bahas 7 misteri yang masih mengganjal dalam film ini :

1. Sosok Ibu

Film ini langsung dibuka dengan sosok ibu yang mengalami sakit parah dan tidak bisa bergerak kecuali membunyikan lonceng sebagai tanda untuk meminta bantuan. Tapi, sepanjang cerita tidak ada yang tahu sebenarnya apa penyakit ibu. Misteri ini sedikit terpecahkan ketika kita mengetahui bahwa ibu pernah tergabung dalam sekte yang memuja setan demi mendapatkan keturunan. Tapi tidak ada penjelasan apakah sakit ibu karena ia mulai ingin keluar dari sekte demi menyelamatkan keluarganya atau kah karena nyawanya adalah harga yang harus dibayar sebagai ganti kesuburan yang ia dapat. Budiman sebagai satu-satunya orang yang paham akan sekte ini tidak pernah menjelaskan secara gamblang nasib anggotanya.

2. Kematian Nenek
Nenek merupakan orang yang mencurigai ibu dan bertentangan dengan ibu semenjak awal pernikahan. Dalam cerita nenek tercebur ke dalam sumur dan menjadi hantu yang berusaha menyelamatkan keluarganya dari roh jahat yang dianut oleh para anggota sekte, tapi tidak banyak diketahui penyebab nenek bisa tercebur apakah ia tercebur karena bunuh diri atau di bunuh oleh "sesuatu" yang jahat. Jika pun bunuh diri apakah motivasinya mengingat hantu nenek seakan melawan kekuatan sekte dan jika nenek berpikiran bahwa dengan bunuh diri maka ia akan dapat menjadi hantu yang mampu melindungi keluarganya akan cukup konyol rasanya. Banyak hal yang masih menjadi misteri dari sosok nenek ini yang bisa digali terutama seputar kematiannya.

3. Kegiatan Bapak di Kota

Tak lama setelah kematian ibu, bapak pergi ke kota dengan alasan ingin mengurus urusan rumah tangga. Tapi apa kegiatan atan pekerjaan bapak di kota tidak diketahui sama sekali. Jika kita mengaitkan mengenai keterlibatan ibu dalam sekte untuk kesuburan mungkin saja bapak terlibat atau bahkan  bapak lah yang sengaja memaksa ibu masuk sekte mengingat urusan anak sebenarnya adalah tuntutan dari ibu bapak alias nenek. Dalam sebuah adegan terlihat bapak meminta maaf kepada arwah ibu apakah ini pertanda bahwa ia terlibat juga dalam proses masuknya ibu dalam sekte kaena tidak mungkin rasanya ibu akan memendam masalah ini dari suaminya?

4. Apa yang Dibicarakan Bapak kepada Ibu
Scene ini awalnya tidak kita anggap penting, tapi saat Rini mulai menanyakan hal ini. Scene ini pun menjadi tanda tanya besar. Sebenarnya apa yang dibicarakan bapak kepada Ibu hingga bapak enggan membahasnya kembali? Apakah bapak meminta ibu untuk pergi atau kah ada hal lain yang masih disembunyikan? Karena setelah itu ibu meninggal secara misterius?

5. Sekte Misterius

Ini lah yang menjadi penyebab teror sesungguhnya. Siapa sebenarnya sekte ini? dan bagaimana sekte ini bekerja serta merekrut orang semuanya masih misterius. Sebenarnya penjelasan mengenai sekte ini pernah ditulis oleh Budiman tapi baik Rini atau Toni tidak pernah menjabarkan isi tulisan Budiman mereka hanya mengatakan poin penting yang semakin membuat penasaran akan aktivitas dari sekte ini sendiri. Sekte ini juga sepertinya mengawasi kegiatan dari anggotanya, saat Budiman membeberkan rahasia sekte pada Hendra ia menerima semacam teror pun sesaat sebelum kecelakaan ia sepertinya menerima teror yang membuatnya kehilangan kendali atas kendaraannya.

6. Budiman
Budiman diceritakan sebagai teman nenek, dan menjadi satu-satunya orang yang dipercaya nenek untuk menyelesaikn masalah di keluarganya terkait keterlibatan ibu dalam sekte pemuja setan. Tapi darimana Budiman mendapatkan informasi mengenai sekte tersebut tidak pernah dijelaskan. Apakah ia adalah anggota sekte juga atau memiliki penyusup di dalam sekte juga tidak pernah dijelaskan. Satu hal lagi darimana Budiman mendapatkan informasi yang salah dan kemudian mendapatkan info baru untuk mengoreksinya kembali. Kedatangan Budiman di saat yang tepat ketika keluarga Rini berada dalam masalah juga menambah kesan misterius pada sosok ini

7. Kehadiran Fachri Albar dan Asmara Abigail

Kemunculan Fachri dan Asmara di ending sebagai tetangga Rini sepertiny menandakan bahwa film ini belum tamat dan masih akan berlanjut. Mereka bukan lah tetangga biasa melainkan mereka adalah pimpinan sekte. Apa yang mereka incar dari keluarga Rini apakah mereka juga hendak menjadikan Rini sebagai anggota sekte seperti ibu. Atau ada hal lain yang belum dilakukan oleh anak-anak yang dihasilkan dari hasil mengabdi kepada setan sehingga keberadaan mereka terus dikejar?


Sepertinya Joko Anwar harus membuat prekuel atau sekuel untuk memuaskan rasa penasaran penonton akan cerita dari film ini secara keseluruhan.

No comments:

Post a Comment