Tuesday 5 January 2016

Peringkat Hokage Berdasarkan Kekuatannya

Hokage merupakan gelar yang diberikan kepada pemimpin desa shinobi Konohagakure. Sebagai seorang pemimpin sudah pasti Hokage adalah shinobi terkuat di Konoha. Sepanjang sejarah, Konoha sudah memiliki 7 Hokage yang memerintah desa Konoha, termasuk Naruto (Danzo tidak dimasukkan sebagai salah satu Hokage, karena belum dilantik secara resmi). Nah, ketujuh Hokage tersebut masing-masing memiliki kemampuan dan kekuatan yang unik, badas, serta spesial. Meskipun begitu, jika dibuatkan perbandingan kekuatan dan kemampuan maka akan didapatkan peringkat Hokage dari yang terlemah sampai yang terkuat. Berikut daftar peringkat berdasarkan kekuatannya :
7. Hokage ke-6 (Kakashi Hatake)
Hokage ke-6 yaitu kakashi Hatake diperlihatkan sebagai satu-satunya anggota klan Hatake yang masih hidup. Meskipun dikenal sebagai salah satu ninja jenius dalam angkatannya, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa cakra serta stamina Kakashi yang relatif tidak terlampau banyak menjadi salah satu kelemahan Kakashi dibandingkan dengan Kage yang lain. Apalagi sepanjang perjalanan anime maupun manga Naruto diperlihatkan bahwa Kakashi sangat bergantung dengan Sharingan yang diberikan oleh rekan masa kecilnya Uchiha Obito ketika bertarung dengan serius. Dengan hilangnya mata tersebut saat Perang Dunia Shinobi keempat maka tidak heran jika banyak yang menganggap kemampuan Kakashi sudah tidak sehebat dulu lagi. Fakta bahwa sharingan menjadi faktor yang membuat jutsu Chidori andalan Kakashi menjadi efektif dalam pertarungan serta dengan sharingan pulalah kakashi dapat dengan mudah meniru jutsu lawan semakin memperkuat opini tersebut. Untungnya kakashi memiliki otak yang encer dan insting yang tajam sehingga dapat menyusun strategi yang ampuh dan badas ketika bertarung dengan lawan. Namun, stamina dan cakra kakashi yang "sedikit" ditambah kehilangan sharingan membuat kemampuan Kakashi dianggap yang paling lemah dibanding dengan Hokage yang lainnya.
6. Hokage ke-5 (Senju Tsunade)
Cucu dari Hokage pertama sekaligus satu-satunya anggota klan Senju yang diperlihatkan masih hidup ini dikenal sebagai salah satu dari legenda Sannin Konoha. Gelar tersebut didapatnya bersama dengan Jiraiya dan Orochimaru saat Perang Dunia Shinobi Kedua ketika bertempur melawan Hanzo dan shinobi dari Amegakure. Gelar tersebut menjadi bukti bahwa kemampuan dari Tsunade tidak bisa dipandang sebelah mata. Tsunade dikenal juga sebagai Shinobi pengguna Ninjutsu Medis terhebat yang pernah ada dalam sejarah. Kemampuannya diakui di seluruh dunia Shinobi. Selain itu Tsunade juga dikenal memiliki jutsu regenerasi yang mampu menyembuhkan luka yang ia derita tanpa membentuk segel. Sebuah kemampuan yang sangat berguna dalam pertempuran karena separah apapun lukanya Tsunade dapat menyembuhkan dirinya sendiri dalam sekejap, meskipun memang jutsu ini beresiko tinggi karena dapat memperpendek umur. Senju Tsunade juga memiliki kemampuan fisik yang sangat mengerikan bahkan satu jarinya pun sudah mampu membuat tanah retak. Madara pun mengakui dibanding dengan kage lainnya saat PDS IV kekuatan fisik dari Tsunade diakui sebagai yang terkuat, meskipun secara kecepatan masih kalah dibanding Raikage. Alasan kenapa Tsunade ditempatkan di peringkat keenam adalah karena cakra dan stamina yang dimiliki Tsunade relatif tidak banyak. Variasi jutsu yang dimiliki Tsunade juga sangat sedikit, bisa dikatakan hampir tidak pernah Tsunade menggunakan jutsu berbasis elemen. Tsunade juga terkesan gampang emosi dan menyerang tanpa menyiapkan strategi.
5. Hokage ke-2 (Senju Tobirama)
Cukup sulit untuk memilih Hokage yang berhak menempati peringkat kelima, tetapi dengan segala kemantapan setelah merenung sekian lama akhirnya terpilihlah Hokage ke-2 (Tobirama) di posisi kelima. Meskipun dikenal sebagai salah satu shinobi tercepat dalam sejarah, namun dibandingkan dengan Minato kecepatan Tobirama masih kalah. Hal ini dibuktikan saat PDS IV edo tensei Minato datang terlebih dahulu dibandingkan Tobirama. Kemampuan lain dari Tobirama adalah penguasaan akan Ninjutsu air bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu shinobi yang paling mahir menggunakan jutsu air meskipun bukan dari Kirigakure. dalam anime Tobirama juga diperlihatkan memunyai kemampuan kenjutsu yang sangat baik bahkan dapat dikombinasikan dengan jikukan ninjutsu yang terbukti ampuh membunuh adik Madara. Tidak pernah diperlihatkan seberapa besar cakra dari Tobirama, tetapi mengingat edo tenseinya mampu membangkitkan cakra yang bahkan mampu membuat Orochimaru khawatir tentu bisa diasumsikan kalau Cakra Tobirama termasuk besar.
4. Hokage ke-4 (Minato Namikaze)
Minato adalah ayah dari tokoh utama kita, Naruto. Minato dikenal sebagai salah satu Ninja Jenius yang dihasilkan oleh Konoha, bahkan Jiraiya menyebutnya anak yang diramalkan akan menjadi penyelamat dunia. Dikenal sebagai shinobi tercepat dalam sejarah berkat Hiraishin no Jutsu yang sering dikombinasikan dengan kunai khusus yang telah diberi segel. Kecepatan Minato lah yang membuat ia mengalahkan Tobirama dalam daftar ini. Variasi jutsu Hiraishn dari Minato juga lebih banyak dibanding dengan Hokage ke-2. Dalam Perang Dunia Shinobi ke-3 Minato dapat memukul mundur 1000 shinobi Iwa seorang diri. Ia bahkan nyaris mengalahkan Raikage ke-4 dan Killer Bee sekaligus ketika bertemu dalam pertempuran. Hal lain yang membuat Minato masuk dalam daftar ini adalah kemampuan Fuinjutsu yang dipelajari dari Klan Uzumaki dan Mode Sage Katak. Seperti diketahui mode sage dapat meningkatkan kemampuan fisik, dan ninjutsu dari penggunanya.
3. Hokage ke-3 (Hiruzen Sarutobi)
Hiruzen boleh dikatakan sebagai shinobi terhebat yang pernah dihasilkan oleh klan Sarutobi. Meskipun, klannya dikenal karena penggunaan elemen api tetapi Hiruzen diperlihatkan mampu menggunakan ninjutsu dari kelima elemen, bahkan dalam waktu bersamaan dengan 5 bunshin yang masing-masing mengeluarkan satu elemen (seperti yang diperlihatkan saat melawan Zetsu Spiral). Hokage ke-3 memerintah Konoha dalam kurun waktu yang sangat lama, dan dalam masa kepemimpinannya Konoha mampu berdiri tegak meski harus melalui 2 PDS. Hiruzen memiliki kuchiyose Monyet bernama Enma yang sering berubah bentuk menjadi Tongkat untuk kemudian menjadi senjata dari Hokage ke-3. Kemampuan bertempur dari Hiruzen tak perlu diragukan lagi, penguasaannya akan ninjutsu sangat mengagumkan, bahkan hingga dijuluki the professor. Jadi pantaslah kalau Hiruzen berada di posisi ketiga dalam daftar ini.
2. Hokage ke-7 (Uzumaki Naruto)

Tokoh utama kita sekaligus Hokage ketujuh masuk dalam posisi runner up. Meskipun memiliki masa lalu yang kelam dan tampak tidak berbakat untuk menjadi shinobi nyatanya Naruto tumbuh menjadi shinobi hebat yang diakui sebagai pahlawan Konoha dan Dunia. Berbekal dengan cakra yang besar khas keturunan Uzumaki, membuat Naruto mampu memaksimalkan jutsu 1000 bayangan dengan mudah, hal yang bagi shinobi lain cukup sulit karena cakra yang dimiliki tidak sebesar Naruto. Ditambah dengan cakra kyubi dan cakra dari biju lain membuat Naruto mampu menggunakan kemampuan Kyubi secara maksimal. Mode cakra kyubi Naruto bahkan menyerupai mode Biju Ashura yang merupakan putra dari Rikudou Sennin, sehingga untuk urusan kekuatan Naruto tidak perlu diragukan lagi. apalagi jika ia sudah mengkombinasikannya dengan mode sage miliknya tentu akan lebih badas lagi. Untuk urusan kecepatan Naruto masih sedikit dibawah Minato meskipun masih termasuk sebagai salah satu shinobi tercepat.
1. Hokage Pertama (Senju Hashirama)
Hashirama adalah pendiri sekaligus pemimpin desa  Konoha yang pertama. Dikenal sebagi satu-satunya shinobi dalam sejarah yang mampu menggunakan mokuton secara alami. Kemampuan hashirama dalam menggunakan Mokuton yang membuatnya berada di numero uno. karena seperti yang kita ketahui bersama kemampuan mokuton Hashirama sangat mengerikan bahkan mode susano'o sempurna yang digabung dengan kyubi dapat dikalahkan. Hashirama juga memiliki mode sage meskipun tidak diketahui secara jelas mode sage Hashirama termasuk kategori mode sage apa. Dengan segala kemampuan dan keahlian pantaslah shinobi yang mendapat julukan Dewa Shinobi ini duduk diposisi teratas dalam daftar ini.

Daftar di atas dibuat berdasarkan pemikiran subyektif penulis dalam menonoton Naruto, anda tentu memiliki penilaian yang berbeda. :)

5 comments:

  1. hatake setahu ane bukan klan deh gan, melainkan marga. CMIIW.

    ReplyDelete
  2. Dalam series novel kakashi yang terbit setelah berakhirnya manga naruto setau saya pernah disebutkan kalau hatake adalah klan gan terima kasih

    ReplyDelete
  3. Bukankah naruto di peringkat pertama?

    ReplyDelete