Thursday 26 November 2015

Pengaruh Agama dan Kebudayaan Hindu Buddha dalam Naruto

Dalam serial anime manga Naruto banyak terdapat pengaruh dari budaya dan kepercayaan Jepang. Meskipun begitu, ada pula pengaruh dari agama Hindu Buddha yang merasuk ke dalam serial ini, walaupun tidak banyak tapi pengaruh agama Hindu Buddha tersebut cukup terasa bila diperhatika dengam seksama, berikut pengaruh agama Hindu di Naruto
1. Chakra
Dasar dari semua teknik, chakra diadopsi dari yoga tradisi Hindu. Chakra Kata ini berasal dari kata Sansekerta untuk "roda" atau "berpaling". Sistem halus manusia adalah satu sangat rumit, terdiri dari ribuan channelswhich membawa energi ke seluruh tubuh. Konsentrasi energi dalam sistem halus disebut cakra ("roda" dalam bahasa Sansekerta), atau pusat energi.
Tapi Masashi Kishimoto-sensei memperkenalkannya dengan delapan gerbang. Gerbang kematian jika sobat-sobat ingat Masashi Kishimoto-sensei menginvestasikan jumlah besar waktu dalam bab-bab awal untuk menjelaskan seluk-beluk chakra dan bagaimana chakra dibentuk untuk menciptakan berbagai teknik. Teknik Tidak independen dari chakra. Jadi sekarang saya bisa mengklaim bahwa sepotong besar dari alur cerita pergi ke tradisi yoga Hindu. Juga telah dilaporkan bahwa komik legenda Stan Lee bekerja sama dengan seniman India untuk menciptakan superhero India yang membuka misteri chakra, orang lain yang dipengaruhi oleh yoga tradisi Hindu.
2. Okular Teknik - Amaterasu.
Teknik okular dari klan Uchiha sangat mirip dengan teknik mata Tuhan Siwa. Meskipun nama Amaterasu identik dengan nama salah satu Dewa Jepang tetapi pelepasan teknik Api hitam Amaterasu yang dikatakan berasal dari neraka terbakar pada fokus visi pengguna sangat mirip dengan api yang dirilis oleh mata ketiga Dewa Siwa. Dalam salah satu scene anda dapat melihat Itachi menggunakan Amaterasu melawan, Sasuke saudaranya dan Sasuke melawan dengan teknik api nya.
Dewa Siwa, dewa Hindu utama memiliki tiga mata. Mata ketiga yang terletak di dahinya. Mata ketiga Dewa Siwa dapat mengubah apapun menjadi abu dengan api yang dihasilkannya. Hal ini dapat memancarkan energi yang cukup untuk menghancurkan alam semesta. Dua lainnya mata Dewa Siwa memancarkan energi tetapi hanya terbatas cukup untuk konsumsi alam semesta. Jika mata ketiga terbuka, energi dalam massa akan dipancarkan dan akan menyebabkan kerusakan besar.
Mata ketiga Dewa Siwa, yang terletak di dahinya ditutup untuk mencegah pelepasan energi tak terbatas yang bisa menghancurkan segalanya. Ada contoh sangat sedikit ketika Dewa Siwa terpaksa menggunakan mata ketiga.
3. Micellaneous
Chiriku, salah satu dari 12 Ninja Pelindung yang menggunakan teknik "Raigō: Senjusatsu " ketika ia bertarung dengan Hidan dan Kakuzu. Sosok Bayangan Buddha muncul di belakang Chiriku memiliki banyak tangan dan bersandar pada teratai. Sosok yang muncul di latar belakang memiliki kemiripan yang sangat kuat dari Hindu Dewi Durga yang memiliki banyak tangan dan juga Dewi Lakshmi yang bertumpu pada teratai. Jutsu Chiriku itu juga bisa digunakan oleh Asuma Sarutobi.
Selain itu, Jutsu Senpou - Mokuton: Shinsusenju milik Hashirama juga diadaptasi dari perwujudan Dewi Durga.
4. Deidara Teknik (C4 Garuda)
Kita bisa mengingat waktu ketika Deidara melawan Sasuke dan dia menarik keluar kartu truf-nya, Garuda C4. Nama teknik ini telah terinspirasi dari burung mitologi Hindu dan mitologi Buddha, yang bernama Garuda. Konstelasi di langit Utara, Aquila (Latin untuk 'elang') diidentifikasi sebagai dewa Garuda, dalam agama Hindu.
5. Doujutsu (Rinnegan)
Seperti dijelaskan oleh Konan, pembawa Rinnegan dapat menggunakan semua teknik dari enam tubuh Pain, dan dikatakan ada di luar dari bidang kehidupan dan kematian. Rinnegan yang terakhir jalan mengatur kehidupan dan kematian dan pengguna sendiri di Jalan Ketujuh. "Rinne" adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan 'samsara' dalam bahasa Jepang Samsara adalah siklus kehidupan manusia, yang menjangkau kematian dan reinkarnasi yang sempurna berkaitan dengan kekuasaan dari Outer Path (Seventh Path).
6. The Six Paths of Pain
Semua The Six Paths of Pain menanggung nama Alam samsara Reinkarnasi, yaitu sebagai berikut. Keenam domain dari alam keinginan berhubungan dengan Enam Rinnegan Six Paths perfectly, seperti yang dijelaskan oleh Nagato :
1. The God (Deva) path
2. The Demon (Asura) path
3. The Human path
4. The Hungry ghost (Preta) domain
5. The Hell (Naraka) domain
6. The Animal Path
7. Patung Gedo Mazo
Setelah mengumpulkan salah satu Bijuu, entitas itu disegel di Mazo Gedo, yang merupakan pribadi memanggil dari Rinnegan pembawa dan juga titik pertemuan Akatsuki. Patung memiliki tahta teratai, yang sangat umum dimiliki dewa-dewa Hind. Nama patung dipengaruhi dari istilah Buddhis, di mana Gedo singkatan dari ‘Outer Path’.
8. Enma Raja Monyet
Enma, dalam Buddhisme adalah Allah yang menghakimi orang mati dan memimpin dari siklus reinkarnasi. Nama dewa ini sama persis dengan summon Hiruzen, Monkey King Enma. Selanjutnya, dalam karakter sentral India epik Ramayana, para monyet Hanuman mitologis adalah entitas luar biasa kuat saat ia mengangkat gunung dengan satu tangannya. Kekuatan agak berhubungan dengan Enma yang bisa mendorong Kurama keluar dari Desa Daun Tersembunyi.
9. Orochimaru’s Theme
Musik Tema Orochimaru, yang khusus dalam pertarungannya melawan Hokage Ketiga, Hiruzen Sarutobi, sebagian besar instrumental ada beberapa baris yang berbicara dalam bahasa Hindi. Garis mengatakan "Dil ki khwahishon se batein kar" yang berarti "Bicara dengan keinginan dalam diri Anda."
10. Ashura dan Indra
2 putra dari pertapa rikudou ini sangat identik dengan karakter dalam agama Hindu dimana Ashura adalah raksasa dan Indra adalah dewa yang mengatur cuaca  dan berkedudukan sebagai raja di kayangan. Meskipun penggambaran di serial Naruto berbeda dengan perwujudan aslinya di mana Ashura yang raksasa dalam anime diwujudkan cinta damai dan Indra yang Dewa diwujudkan iri hati pada saudaranya, tetapi ada kemungkinan Kishimoto sensei mengambil nama Ashura dan Indra dari budaya Hindu.
Berikut pengaruh Hindu Buddha yanh ditemukan, mungkin anda bisa menemukan pengaruh Hindu Buddha selain disebutkan di atas?

No comments:

Post a Comment