Monday 22 May 2017

Mengenal Lebih Dekat Buah Iblis Tipe Zoan (Devil Fruit)



Setelah 2 buah iblis sebelumnya selesai kita bahas, kini saatnya kita membahas buah iblis tipe terakhir yaitu tipe zoan. Di antara ketiga tipe buah iblis, tipe zoan dikenal memiliki ketahanan fisik paling hebat sekalugus kemampuan menyembuhkan diri yang lebih cepat dibanding yang lainnya. Buah iblis tipe zoan memungkinkan penggunannya untuk memiliki kekuatan hewan sesuai dengan buah apa yang dimakannya, selain mampu berubah menjadi hewan sepenuhnya, pengguna juga mampu berubah menjadi bentuk hybrid atau setengah manusia setengah binatang. Karena ketahanan fisiknya akan bertambah buah iblis tipe ini sangat cocok bila digunakan dalam pertarungan jarak dekat.

Dalam perjalanan cerita one piece, buah iblis tipe zoan merupakan buah iblis yang cukup sering diteliti dan dipelajari. Salah satu inovasi penggunaan hasil inovasi ini adalah memasukkan kekuatan buah iblis tipe zoan ke dalam benda mati yang pertama kali dilakukan oleh Dr. Vegapunk. Benda mati yang digunakan sebagai wadah kekuatan tipe zoan tidak hanya terbatas pada benda padat saja tetapi juga lendir gas dapat juga digunakan sebagai media. Sejauh ini handa ada lima kasus di mana pengguna buah iblis tipe zoan adalah benda mati yaitu : bazooka Mr. 4 Lassoo (Inu Inu no Mi, Model: Dashchund), pedang Spandam Funkfreed (Zo Zo no Mi), lendir peliharaan Caesar Clown Smiley (Sara Sara no Mi, Model: Axolotl), serta di non canon bazooka Shuzo Alpacacino dan pena patrick redfield Pato (Inu Inu no Mi, Model: Bake Danuki). Obyek mati yang diberikan kekuatan buah iblis akan memiliki kecerdasan dan mobilitas sesuai dengan buah iblis yang diserap. Namun, di sisi lain ini menjadi kelemahan karena benda mati tersebut akan merasakan rasa sakit serta dapat diintimidasi oleh lawan seperti dalam kasus pedang Spandam Funkfeed diintimidasi oleh Franky sehingga tidak bisa mengeluarkan semua kemampuannya.

Seperti yang dijelaskan di awal bahwa pengguna buah iblis tipe zoan akan memiliki kemampuan berubah bentuk. pada dasarnya ada 3 perubahan bentuk yaitu :
1. Model Manusia : Bentuk alami pengguna kecuali Chopper.
2. Model Hibrida : Menggabungkan bentuk asli dengan bentuk yang diberikan oleh buah iblis (bentuk bisa lebih besar dari ukuran aslinya bahkan bisa dalam ukuran raksasa).
3. Model Buah Iblis : Bentuk sesuai dengan tipe buah iblis yang dimakannya.

Dari 3 model di atas biasanya penggunannya lebih sering menggunakan model hibrida dalam bertarung. Karena dalam mode ini pengguna akan mengalami peningkatan indra sebab menggabungkan kemampuan dari penggunan dan buah setan. Model hybrida yang dikombinasikan dengan seni bela diri tertentu dapat menjadi kekuatan tambahan yang bakal menyulitkan lawan. Selain peningkatan fisik dan indra beberapa pengguna juga memiliki kekuatan tambahan sesuai dengan kemampuan alami buah setan yaitu :
1. Kemampuan terbang seperti pell dan marco yang memakan buah iblis tipe burung.
2. Kemampuan membuat terowongan yang dimiliki oleh Miss Merry Christmass yang memakan buah iblis tipe tikus mondok
3. Kemampuan menyemburkan racun yang dimiliki Boa Marigold yang memakan buah iblis tipe king kobra.
Meskipun dianggap tidak terlalu menarik karena hanya berubah sesuai dengan jenis buah iblisnya, tapi buah iblis tipe zoan adalah tipe buah iblis yang paling banyak di inovasi dan dipelajari bahkan dibuat model sintetisnya. Bahkan Yonko seperti Kaido sangat tertarik dengan eksperimen buah iblis tipe zoan.

Buah iblis zoan juga dikategorikan ke dalam beberapa jenis atau tipe:

Zoan Biasa

Hewan dari zoan ada yang tipe karnivora, omnivora, herbivora, serangga. Di antara semua tipe itu zoan karnivora secara alami lebih ganas dan haus darah dan juga cenderung lebih cocok beradaptasi dalam pertempuran. Pengguna yang berubah menjadi hewan tersebut secara alami lebih berbahaya dan kuat dalam pertempuran fisik, dan mungkin memiliki fitur yang berguna, seperti cakar, untuk membantu dalam pertarungan. Salah satu contoh yang paling ekstrim pengguna Zoan adalah Rob Lucci, yang cenderung suka menganiaya lawannya dalam bentuk leopard penuh.

Zoan Kuno

Seperti penjelasan Scratchmen Apoo, Zoan Kuno dianggap tipe zoan yang langka yang memungkinkan pengguna untuk berubah menjadi binatang purba yang sudah punah, seperti reptil prasejarah dinosaurus. Salah satu Zoan Kuno adalah X Drake, yang memiliki kekuatan untuk berubah menjadi dinosaurus karnivora T Rex. Hal ini juga tersirat bahwa pengguna Zoan Kuno secara fisik lebih kuat dari Zoan normal.

Zoan Ditingkatkan

Selama di Impel Down, Crocodile menjelaskan tentang kekuatan para Demon Guard sebagai Zoan Ditingkatkan atau sekarang lebih dikenal dengan awakening yang memiliki kemampuan untuk menjadi lebih kuat dan lebih tangguh daripada kekuatan zoan biasa. Ini termasuk waktu pemulihan yang lebih cepat, yang berfungsi dibawah sadar bahkan ketika pengguna sedang tidak sadar. Namun pengguna zoan ditingkatkan tidak memiliki tanda-tanda pemikiran yang komplek, yang tampaknya bertindak pada insting dan kekuasaan. Mereka selalu dalam bentuk yang mirip dengan bentuk binatang namun entah bagaimana mampu berdiri tegak dan menggunakan senjata. Kelima Demon Guard diklasifikasikan sebagai pengguna tersebut.

Zoan Mitologi

Tipe Zoan Mitologi adalah buah zoan yang sangat langka dan sangat kuat dan dikatakan lebih langka bila dibandingkan dengan buah iblis logia. Berbeda dengan jenis zoan lainnya, tipe ini mungkin satu-satunya yang dianggap paling mengesankan, karena kelangkaannya dan kekuatan unik yang dilimpahkan pada pengguna. Mereka memungkinkan pengguna untuk berubah menjadi makhluk mitologi (yang mungkin memiliki kemampuan khusus yang sebanding dengan Paramecia dan Logia), jenis-jenis yang dapat dianggap sebagai subjek mitos dan sejenisnya. Hanya dua pengguna telah terbukti sejauh ini, milik komandan divisi 1 Shirohige, Marco "Phoenix" dan "Budha" Sengoku dengan Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu, keduanya dianggap sangat kuat yang bahkan mampu mengkandaskan serangan logia secara langsung. Lainnya, dua karakter non kanonik yaitu Pato dengan Inu Inu no Mi, Model: Bake danuki dan pemiliknya Patrick Redfield dengan Batto Batto no Mi, Model: Vampire.

Zoan Buatan

Dalam Cerita Punk Hazard, terungkap bahwa Dr. Vegapunk mencoba membuat sendiri Buah Iblis, namun gagal. Momonosuke tanpa sengaja menemukan buah gagal tersebut dan memakannya sehingga merubahnya menjadi naga serpentin. Sementara hasil penelitian Vegapunk tersebut, dikembangkan lebih lanjut oleh asistennya sekaligus saingannya Caesar Clown dan berhasil menciptakan semacam buah iblis zoan buatan, SMILE yang diproduksi di Dressrosa. Buah zoan ini diproduksi menggunakan suatu substansi yang diciptakan Caesar bernama "SAD" di Punk Hazard. Yonlo Kaido menggunakan SMILE untuk menciptakan barisan tentara pengguna Zoan bekerjasama dengan Doflamingo. Tidak seperti Buah Iblis biasa, buatan Buah Iblis ini tidak memiliki pola swirl/uliran khas pada mereka, sebaliknya mereka memiliki pola bulat-bulat. Buah yang dikembangkan oleh Vegapunk juga memiliki pola bulat tersebut. Dinyatakan oleh Trafalgar Law jika buah SMILE ciptaan Caesar juga memiliki efek samping yang belum dijelaskan, efek dari buah iblis ini tampaknya hanya berlaku pada perubahan beberapa bagian tubuh saja atau masih belum sempurna.

   

No comments:

Post a Comment