Wednesday 17 May 2017

Mengenal Buah Iblis tipe Logia (Devil Fruit)


Dalam dunia one piece dikenal sebuah buah yang mampu memberikan kekuatan bagi yang memakannya, dikenal dengan sebutan buah iblis. Rasa dari buah iblis dikenal sngat tidak enak bahkan seperti racun. Buah iblis yang sudah dimakan walaupn hanya satu gigitan akan langsung membusuk dan tidak akan tumbuh/muncul lagi sampai oarang yang memakannya tadi /penggunanya meninggal. Sehingga tidak akan ada 2 orang yang memiliki 1 kekuatan buah iblis yang sama dalam satu waktu. Buah iblis dibagi menjadi 3 tipe, salah satunya adalah tipe logia. Buah iblis tipe logia adalah buah iblis yang memberikan penggunannya kekuatan berubah menjadi elemen alam. Tipe logia dikatakan sebagai yang terkuat diantara ketiga tipe buah iblis dan dikenal langka dibanding yang lainnya. Karena pengguna logia mampu mengubah tubuh mereka menjadi elemen alam, membuat mereka kebal terhadap serangan fisik. Serangan-serangan fisik hanya akan melewati tubuh tanpa menyebabkan luka-luka, dengan pengecualian kemampuan Yami Yami no Mi milik Kurohige yang justru menyerap setiap serangan yang mengenainya yang menyebabkan ia menderita rasa sakit 2x lebih hebat. Sebelum memasuki Dunia Baru pengguna logia seperti mustahil dikalahkan kecuali oleh air laut dan batu laut (yang sejauh ini mayoritas dimiliki oleh AL).

Setelah memasuki Dunia Baru pendapat mengenai pengguna logia yang tak tersentuh dipatahkan oleh konsep haki. Bushoshoku haki yang dikatakan sebagai perisai tak terlihat dan memperkuat serangan serta mampu menetralkan kekuatan buah iblis bukan hanya dapat menyentuh tubuh pengguna logia tetapi juga dapat menyerang tubuh pengguna logia. Apalagi pengguna logia yang sedang dalam mode perubahan ke elemen alam akan cenderung memiliki reflek yang kurang dalam menghindari serangan.

Daftar buah iblis tipe logia yang sudah diketahui hingga saat ini :
1. Moku Moku no Mi
DF User : Smoker
Smoker mampu berubah menjadi elemen asap dan menggunakannya dalam serangan yang dikombinasikan dengan menggunakan jitte yang selalu dibawanya sehingga mendapat julukan pemburu putih, pada beberapa kesempatan digunakan untuk menggerakkan kendaraannya di Logue Town.
2. Mera Mera no Mi
DF User : Ace
memungkinkan Ace menggunakan elemen api dan bertarung dengan serangan berbasis elemen api sehingga dikenal dengan julukan Tinju Api. Ace juga menggunakan kekuatannya untuk menggerakkan boat yang selalu dikendarainnya ketika mencari Kurohige.
3. Suna Suna no Mi
DF User : Sir Crocodile
Crocodile diperlihatkan menggunakan kekuatan ini untuk menciptakan badai pasir. Satu kekuatan yang menarik dari Crocodile adalah ia mampu menarik cairan dari tubuh lawan menyebabkan lawan kering. Crocodile berada di tempat yang tepat saat diperlihatkan menggunakan elemen pasir.
4. Goro Goro no Mi
 DF User : Enel
Enel dapat menggunakan elemen listrik/petir yang memungkinkannya menguasai Skypea. Sayang ia memiliki kelemahan yang sangat elementer yaitu karet di mana karet adalah isolator yang tidak dapat menghantarkan listrik.
5. Hie Hie no Mi
DF User : Aokiji
Aokiji dapat menggunakan elemen es yang memungkinkannya membekukan apa saja bahkan termasuk air laut yang membuatnya menjadi salah satu DF user yang tidak dapat dikalahkan oleh air laut.
5. pica pica no mi
DF User : Kizaru
Kizaru dapat berubah menjadi cahaya yang membuatnya menjadi manusia tercepat di one piece sejauh ini  Serangan-serangannya juga memiliki damage yang besar, Kizaru dapat membuat elemen cahaya menjadi benda padat seperti pedang yang digunakan untuk bertempur.
6. Magu Magu no Mi
DF User : Sakazuki
Akainu Sakazuki dapat menggunakan elemen magma yang membuatnya lebih superior dibanding DF user yang lain karena damage dari magma yang besar.
7. Yami Yami no Mi
DF User : Kurohige
Anomali dari DF User logia, jika biasanya DF logia membuat penggunannya tidak bisa disentuh dan dilukai dengan serangan fisik non haki tapi logia kegelapan justru menyerap rasa sakit itu hingga merasakan 2x lipat. Kegelapan juga mampu menetralkan kemampuan buah iblis dan menarik semuanya dalam kegelapan tanpa batas.
8. Numa Numa no Mi
DF User : Caribou
Caribou dapat berubah menjadi lumpur dan memungkinkannya untuk mengubah tubuhnya menjadi rawa tanpa dasar yang membuatnya dapat menyimpan harta dan emas dalam tubuhnya.
9. Gasu Gasu no Mi
DF User : Caesar
Caesar dapat berubah menjadi unsur gas bahkan dapat menghilangkan udara disekitar lawan.
10. Yuki Yuki no Mi
DF User : Monet
Monet mampu menggunakan elemen salju yang secara sifat mirip dengan Hie Hie no Mi milik Aokiji. 
11. Mochi Mochi no Mi
DF User : Katakuri
DF Katakuri mungkin masih kontroversial karena sifat dai Mochi yang lebih mirip ke paramecia daripada ke logia. Tapi secara penggunaan ia sebenarnya mirip logia ia dapat berubah dan memecah tubuhnya untuk menghindari serangan. 

Itulah 11 DF logia yang sudah di kenalkan oleh Oda di one piece, beberapa elemen alam yang belum diperlihatkan adalah tanah, batu, kayu, angin, badai, atom.
Mungkin suatu saat akan diperlihatkan elemen-elemen tersebut atau mungkin ada elemen baru lagi. 

1 comment: