Friday 19 May 2017

Mengenal Buah Iblis di one piece tipe paramecia (Devil Fruit)


Setelah sebelumnya membahas mengenai buah iblis (devil fruit) tipe logia kali ini mimin akan membahas mengenai tipe paramecia. Seperti yang kita ketahui semua sebagai op lovers bahwa buah iblis dibagi menjadi 3 tipe, paramecia, logia dan zoan. Buah iblis paramecia dikatakan yang paling imajinatif, ia bisa merangkum semua hal mulai dari kekuatan yang terlihat konyol dan tidak berguna untuk pertempuran seperti nagi nagi no mi milik Rocinante sampai yang luar biasa hebat seperti ope ope no mi milik Trafalgar Law. Definisi paramecia secara umum adalah kekuatan yang dapat mempengaruhi tubuh mereka, mempengaruhi lingkungan atau menghasilkan zat. Secara gampang adalah kekuatan non elemen alam dan non hewan. Buah paramecia sejauh ini merupakan buah yang paling banyak penggunannya. Meskipun secara fisik tidak sekuat tipe zoan dan tidak sehebat tipe logia tetapi pengguna paramecia dapat mencapai level yang luar biasa bergantung dengan kreativitas penggunannya. Buah yang berpotensi hebat pun akan terlihat konyol dan lemah jika penggunannya tidak mampu mamaksimalkannya seperti Buggy. Sebaliknya buah yang terlihat lemah akan mampu menjadi superior jika penggunannya mampu memaksimalkannya dengan baik seperti Cracker. Dikenalnya haki setelah time skip membuat tipe paramecia bisa sejajar dengan logia bahkan melebihi logia seperti Luffi dengan gomo gomu no minya.

Contoh DF paramecia :
1. Gomu Gomu no Mi
User : Luffy
Kemampuan : Mengubah tubuh pengguna menjadi karet, dan berbagai sifatnya, seperti melenturkan dan memanjangkan lengan, juga sifat isolator yang dimiliki karet. Namun lemah terhadap api dan senjata tajam. Gomu berarti karet. Mengubah tubuh pengguna menjadi karet, dan berbagai sifatnya, seperti melenturkan dan memanjangkan lengan, juga sifat isolator yang dimiliki karet. Namun lemah terhadap api dan senjata tajam. Modifikasi haki dan latihan menjadikan Luufy terlihat seperti karet ban pada Gear 4.
2. Bara Bara no Mi
User : Buggy
Kemampuan : Menjadikan tubuh pengguna dapat bercerai-berai antar bagiannya, dan dapat dikendalikan ke mana-mana. Meskipun tubuhnya terpisah-pisah dan melayang di udara, hanya bagian telapak kakinya saja yang tidak melayang. Bagian tubuh yang lain hanya melayang pada radius 10 meter dari telapak kaki. Bara Bara berarti bercerai belai.
3. Sube Sube no Mi
User : Alvida
Kemampuan : Menjadikan tubuh pengguna menjadi licin, dan dapat memantulkan benda apapun. Pemakan buah ini juga akan menjadi langsing. Suberu berart langsing.
4. Hana Hana no Mi
User : Nico Robin
Kemampuan : Membuat pengguna dapat melipatgandakan bagian tubuhnya di tempat yang ia inginkan, seperti tangan, kaki, mata, telinga. Bagian tubuh yang tumbuh dapat merasakan sakit dan efek dari serangan musuh, meskipun terpisah jauh dari tubuh si pengguna. Hana dapat berarti mekar 
5. Bomu Bomu no Mi
User : Mr. Five
Kemampuan : Mengubah tubuh pengguna agar dapat meledak, tidak terkecuali nafas dan kotoran hidung. Bomu adalah bahasa Jepang untuk bom. 
6. Doru Doru no Mi
User : Mr. Three
Kemampuan : Membuat pengguna dapat menciptakan lilin sekeras besi dari tangannya. Lemah terhadap api ( api melelehkan lilin ). Doru dari kyandoru berarti lilin.
7. Baku Baku no Mi
User : Wapol 
Kemampuan : Membuat pengguna dapat memakan benda apa saja dan membentuk kesatuan dalam tubuhya dari benda tersebut. Mulut pengguna juga menjadi besar. Misal, bila pengguna memakan meriam, dia bisa merubah tangannya menjadi meriam. Konon Wapol dapat membuat besi jenis baru yang terkenal kuat dengan kekuatannya. Baku dari kalimat baku baku tabateru berarti mengunyah-kunyah.  
8. Mane Mane no Mi
User : Mr. Two (Bon Clay)
Kemampuan : Membuat pengguna dapat meniru kondisi fisik secara sempurna dari orang yang ia sentuh wajahnya. Dengan menyentuh wajah sendiri dengan tangan kiri maka pengguna menjadi wujud normal. Sangat berguna dalam penyusupan. Mane berarti peniruan. 
9. Supa Supa no Mi
User : Mr. One (Daz Bones)
Kemampuan : Membuat tubuh pengguna dapat berubah menjadi pedang, dan menciptakan pedang dari kulit pengguna. Supasupa adalah efek suara untuk benda yang terpotong.
10 Toge Toge no Mi
User : Miss Double Finger
Kemampuan : Membuat tubuh pengguna berubah menjadi duri, dan bisa menguatkan tubuhnya sendiri dengan kemampuan khusus bernama “toge doping”.Toge berarti duri.
11. Bane Bane no Mi
User : Bellamy
Kemampuan : Membuat tubuh pengguna menjadi per pegas. Bane berarti pegas.
12. Noro Noro no Mi
User : Foxy
Kemampuan : Membuat tangan pengguna dapat mengeluarkan gelombang bernama “photon noroma” yang dapat membuat apapun yang tersentuh gelombang itu menjadi lambat selama 30 detik. Lemah apabila lawan bertarungnya membawa cermin. Noro berarti melambat.  
13. Doa Doa no Mi
User : Blueno
Kemampuan : Membuat pengguna dapat menciptakan pintu di mana ada dinding untuk pergi ke ruang di seberangnya. Pengguna juga dapat membuat pintu di udara dan pergi ke dimensi yang berbeda. Doa berarti pintu.
14.  Awa Awa no Mi
User : Califa
Kemampuan : Membuat tubuh pengguna menciptakan dan berubah menjadi busa yang dapat dikendalikan, busa ini tidak hanya melicinkan tetapi membuat yang tersentuhnya akan kehilangan kekuatan. Lemah terhadap air (busa hilang bila kena air). Awa berarti busa. 
15. Beri Beri no Mi
User : Kapten Very Good
Kemampuan : Membuat tubuh pengguna dapat terpisah pisah bagiannya menjadi bulatan bulatan yang dapat dikendalikan. Beri berarti buah beri.
16. Sabi Sabi no Mi
User : Kapten Shuru
Kemampuan : Membuat segala logam yang menyentuhnya menjadi berkarat. Sabi berarti karat.
17. Shari Shari no Mi
User : Kapten Sharingu
Kemampuan :puan  Membuat bagian tubuh pengguna dapat berputar cepat seperti roda. Shari berarti roda.
18. Yomi Yomi no Mi
User : Brook
Kemampuan : Memungkinkan ppengguna untuk hidup kembali setelah dibunuh. Menjadi satu-satunya buah iblis yang diketahui efeknya setelah penggunanyappppenggunanya mati. penggunanya mattip pYomi dari yomigaeru yang berarti dibangkitkan 
19. Ope Ope no Mi
User : Trafalgar Law
Kemampuan : Memungkinkan Law untuk memanipulasi ruangan yang sudah ia tandai dengan lingkaran biru. Dalam ruangan itu ia bebas melakukan apa saja sesuai dengan kehendaknya seperti dokter yang memiliki kuasa penuh di ruangan meja operasi. Ope berarti ruangan operasi.perasi. puan

Dan masih banyak lagi buah iblis tipe paramecia yang tidak disebutkan oleh mimin. Kekuatan yang nantinya diperoleh oleh pengguna paramecia akan semakin kuat sejalan dengan kemahirannya memanipulasi kekuatannya itu sendiri, contohnya adalah Luffy dapat menambah kecepatan gerakannya dengan menggunakan gear 2nd, dimna ia memompa darahnya dalam jumlah di atas normal hingga badannya beruap, pada manusia normal, volume darah dalam jumlah berlebihan akan merusak organ dalam orang tersebut, tapi ini tidak berlaku pada Luffy yang merupakan manusia karet, sehingga organ dalamnya juga ikut memperoleh elastisitas. Begitu juga dengan pengguna paramecia lainnya, semakin “cerdik” mereka mengendalikan kekuatan mereka, maka mereka akan semakin kuat juga.

No comments:

Post a Comment