Saturday 10 October 2015

10 panglima perang paling hebat dalam sejarah

Kali ini akan dijabarkan mengenai 10 panglima peranga atau jendral paling hebat dalam sejarah. Ada banyak pendapat dan sudut pandang yang dipakai dalam menilai kemampuan seorang panglima perang. Berikut daftar 10 panglima perang paling hebat dalam sejarah :
10. Hannibal
Dia adalah salah satu pemimpin Kartago yang paling terkenal. Pencapaiannya yang paling besar adalah ketika meletusnya Perang Punic, ketika dia membawa pasukan yang mengandung gajah perang dari Iberia melewati Pyrenees dan Alps sampai bagian utara Itali. Selama invasinya di Italia, dia mengalahkan prajurit Romawi di beberapa pertempuran, termasuk yang di Trebia, Trasimene dan Cannae. Sayangnya hannibal gagal menaklukan roma dan akhirnya harus menerima kenyataan bahwa pasukannya kalah dalam mempertahankan kartago. Meskipun begitu kemampuannya dalam memimpin tak perlu diragukan lagi.
9. Leonidas I
adalah raja Sparta ke-17 dari dinasti Agiad, salah seorang anak dari Raja Anaxandridas II dari sparta, yang dipercayai sebagai keturunan dari Heracles karena kekuatan dan keberaniannya.Namanya menjadi terkenal akibat perannya di pertempuran Thermopylae. Meskipun akhirnya harus menerima kekalahan dari persia tapi kepemimpinan dan keberanian Leonidas sangat luar biasa. Menurut catatan sejarah, Ia adalah jenderal perang satu-satunya yang menggemparkan dunia peperangan karna membuat sebuah tembok dengan Mayat-mayat musuh dari Leonidas/Yunani.
8. Julius Caesar
Julius Caesar, lengkapnya Gaius Julius Caesar adalah seorang pemimpin militer dan politikus Romawi yang mampu memperluas kekuasaan Romawi hingga Oceanus Atlanticus, melancarkan serangan Romawi pertama ke Britania, dan memperkenalkan pengaruh Romawi terhadap Perancis. Julius Caesar berperang dan memenangkan perang saudara yang menjadikannya sebagai penguasa terhebat Romawi. Tidak hanya itu, dia juga telah melakukan reformasi besar-besaran terhadap masyarakat dan pemerintah Romawi. Namun kekuasaannya telah membuatnya sebagai seorang pemimpin yang otoriter dan diktator. Karena kediktatorannya inilah ia akhirnya tewas dibunuh oleh Brutus dan anggota senat lainnya menyebabkan perang saudara kedua.
7. Saladin
Saladin adalah salah satu Ksatria tertangguh di dalam perang salib ketiga. Dia sangat dihormati sebagai Ksatria yang sangat tangguh dari Timur tengah. Dialah yang mampu menaklukan kota Yerussalem di perang salib yang ketiga. Saladin dianggap sebagai pahlawan islam yang sangat dihormati bahkan oleh musuhnya sekalipun. Selain itu, Saladin dikenal dengan kebijaksanaan dan kemurahan hatinya.
6. Khalid bin Walid
Dialah Panglima perang yang dijuluki Syaifullah Al-maslul(Pedang Allah yang terhunus). Dia tak terkalahkan lebih dari seratus pertempuran termasuk melawan Kekaisaran Byzantium, Kekaisaran Sassanid, dan sekutu-sekutu mereka termasuk juga suku-suku Arab di luar kekuasaan Khalifah. Pencapaian strategis dia ialah penaklukan Arab, Persia Mesopotamia dan Suriah Romawi hanya dalam waktu empat tahun pada tahun 632 ke 636. Kemenangan-kemenangan yang terkenal darinya ialah kemenangan telak pada Pertempuran Yamama, Pertempuran Ullais dan Pertempuran Firaz, dan kesuksesan taktis pada Pertempuran Walaja dan Pertempuran Yarmuk.
5. Sultan Muhammad Al Fatih
Sultan Muhammad Al-Fatih merupakan sang penakluk konstantinopel. Konstantinopel atau yang hari ini dikenal dengan nama Istambul, Turki. Dulunya berada di bawah kekuasaan Byzantium yang beragama Kristen Ortodoks. Tahun 857 H / 1453 M, kota dengan benteng legendaris tak tertembus akhirnya runtuh di tangan Sultan Muhammad al-Fatih, sultan ke-7 Turki Utsmani dengan strateginya yang terkenal membawa kapal-kapal perang di sebuah bukit guna menghindari jebakan Kekaisaran Byzantium.
4. Thariq bin Zarid
Dialah sang penakluk Al-Andalusia(Spanyol, Portugal, Andorra, Gibraltar dan sekitarnya). Pasukan Thariq menyerbu wilayah Andalusia di musim panas tahun 711 dan berhasil meraih kemenangan yang menentukan atas kerajaan Visigoth, di mana rajanya, Roderick terbunuh pada tanggal 19 Juli 711 dalam pertempuran Guadalete. Setelah mendarat di Gibraltar, Thariq memerintahkan pasukanya membakar kapal dan berpidato membakar semangat pasukanya: "Tidak ada jalan untuk melarikan diri! Laut di belakang kalian, dan musuh di depan kalian: Demi Allah, tidak ada yang dapat kalian sekarang lakukan kecuali bersungguh-sungguh penuh keikhlasan dan kesabaran. "
3. Timur Lenk
Adalah seorang penakluk yang dianggap terbesar dalam sejarah. Dialah Timur Leng (1336-1405 M), yang juga mendapat julukan “Tamerlane”, sang penakluk dunia. Selain Jengis Jhan, dialah satu-satunya penakluk yang mampu menjelajahi daratan sangat luas, mulai dari Pantai pasifik di Timur hingga ke pinggir Sungai Don di Barat. Penaklukan dahsyat yang ia lakukan berhasil melumpuhkan dua Raja besar pada zamannya, Sultan Turki, Bayazid Yiddrim, dan Kaisar Mongol, Toktamish. Yang juga adalah cucu Jengis Khan.
2. Gengis Khan
Temujin (Genghis Khan) adalah panglima besar mongol yang menyatukan bangsa Mongolia dan kemudian mendirikan Kekaisaran Mongolia dengan menaklukkan sebagian besar wilayah di Asia, termasuk utara Tiongkok (Dinasti Jin), Xia Barat, Asia Tengah, Persia, dan Mongolia. Keganasan panglima perang ini yaitu diceritakan telah membunuh 1,748,000 dalam kurun waktu satu jam bersama pasukanya di Nishapur(Persia). Dialah yang memulai era kekaisaran mongol yang menjadi teror bagi dunia.
1. Alexander agung
Ia merupakan raja sekaligus panglima dari kerajaan Makedonia. Pada usia tiga puluh tahun, dia memimpin sebuah kekaisaran terbesar pada masa sejarah kuno, membentang mulai dari Laut Ionia sampai pegunungan Himalaya. Dia tidak pernah terkalahkan dalam pertempuran dan dianggap sebagai komandan perang terhebat sepanjang masa. Walaupun hanya memerintah selama 13 tahun, semasa kepemimpinannya ia mampu membangun sebuah imperium yang lebih besar dari setiap imperium yang pernah ada sebelumnya. Pada saat ia meninggal, luas wilayah yang diperintah Aleksander berukuran 50 kali lebih besar daripada yang diwariskan kepadanya serta mencakup tiga benua (Eropa, Afrika, dan Asia).

No comments:

Post a Comment