Friday 24 March 2017

Catatan Kecil Review One Piece Chapter 860


Chapter 860 yang telah kita tunggu-tunggu akhirnya keluar juga. Sebelum kita membahas mengenai conten atau isi dari chapter 860 kita bahas terlebih dahulu cover story, dalam cover story diperlihatkan seorang kriminal yang dikenal kejam Crocodile masih mau memayungi seekor anjing kecil yang tengah kedinginan di sebuah kota tanpa menghiraukan dirinya yang juga basah karena hujan. Hal ini menjadi menarik karena seorang kriminal pun ternyata masih memiliki rasa empati pada makhluk lain. Tak ada yang benar-benar hitam atau putih semua abu-abu seseorang bisa saja menjadi begitu jahat tapi di sisi lain bisa menjadi malaikat penolong. Semua tergantung pada kondisinya.Hal ini lah yang terjadi dalam situasi di WCI kita bisa menyebut aliansi Luffy dan Bege sebagai antagonis atau tokoh jahat karena otomatis jika mereka berhasil menjalankan rencananya akan timbul kekacauan besar di lautan dan banjir darah akan kemali terjadi sama seperti ketika Shirohige gugur, dalam hal jumlah korban saja memicu perang besar bisa dianggap sebagai kejahatan yang sama harganya dengan apa yang dilakukan oleh Kurohige ketika menangkap Ace. Namun di sisi lain kita bisa beranggapan aliansi ini adalah protagonis tokoh baik yang mendobrak sistem 4 kaisar yang telah menciptakan keadilan semu di New World, dengan tumbangnya salah satu kaisar laut tentu saja sistem yang telah berjalan ini akan runtuh seiring perjalanan waktu dan impian kaum revolusioner yang ingin menciptakan sistem keadilan "yang sebenarnya" akan lebih mudah terwujud.
Dalam kasus baik dan jahat Pekoms menjadi tokoh yang ironis karena ia mungkin sudah dianggap sebagai pengkhianat yang berani menentang perintah Mama dalam menangkap Sanji demi rasa terima kasihnya pada Sanji karena telah menyelamatkan suku mink dari bencana Jack. Padahal ia lah salah satu bawahan yang paling setia dari Big Mom Pirates. Sementara Bege tokoh yang dianggap mampu menjalankan tugas dengan baik pada penangkapan Sanji tanpa mengindahkan urusan perasaan hingga diganjar sebagai kepala keamanan pesta minum teh Mama sesungguhnya menjadi tokoh yang merencanakan pengkhianatan. Demi mencegah Pekoms membocorka informasi, kru dari Jinbei terpaksa mengikatnya pada batu di sebuah sudut pulau sambil menyiapkan diri untuk keluar dari WCI saat penjagaan terfokus pada pesta minum teh. Terlihat salah satu putri Big Mom Praline mengikuti Aladine wakil kapten Sun Pirates, yang menandakan sudah ada 3 orang putra putri Big Mom yang enggan mengikuti kenginan Mama. Big Mom sendiri tampaknya tidak peduli dengan ikatan keluarga niatnya dalam menjalin relasi dan hubungan kekeluargaan semata-mata hanya demi kekuasaan, karena dengan ketidakhadiran praline berarti sudah ada 5 anak Big Mom yang tidak datang mereka adalah, Chiffon dan Praline yang berkhianat, Brulee yang disekap, Lola yang bertahun-tahun kabur, serta Muscat yang sudah diambil jiwanya. Kalau Lola tidak dianggap anak lagi dan Chiffon yang selalu dimusuhi, ketidakhadiran mereka mungkin bisa dianggap wajar. Namun, jika Paline dan Brulee tidak hadir seharusnya Big Mom menaruh rasa waspada tapi nyatanya ia tampak tenang-tenang saja dan tak terpengaruh dengan ketidakhadiran mereka. Padahal ketika ada tamu yang menolak hadir dan sudah memberikan alasan yang cukup masuk akal Big Mom justru membalasnya dengan mengirimkan kepala ayah si tamu tersebut seperti yang dialami oleh The Organ Dealer Jigra. Namun terhadap anak-anaknya ia justru tak peduli. Bajak laut yang beretika buruk.
680 seakan menjadi penegasan siapa kru selanjutnya Luffy, di sini Jinbei secara gamblang menyatakan bahwa Luffy adalah kaptennya. Sepertinya tinggal menunggu sedikit waktu saja sampai Jinbei resmi menjadi anggota bajak laut Mugiwara dan posisi kapten Sun Pirates diserahkan pada Aladine mengingat Luffy enggan berlayar dengan jumlah kru yang terlalu banyak. Roulette yang dikeluarkan Big Mom akhirnya mendapatkan penjelasannya sekarang, ternyata angka-angka yang ada di roulette adalah jumlah nakama yang bergabung dengan Jinbei sebagai tumbal kebebasan yang diminta Jinbei kepada Big Mom. Tentu saja syarat ini terlampau berat, ini sepeti syarat kebebasan dari budak Tenryuubito yang ingin membebaskan diri mereka dari perbudakan.
Akhirnya saat yang dinantikan tiba para tamu satu per satu mulai hadir di samping keluarga Vinsmoke yang menjadi besan Big Mom di acara kali ini. Tampak orang-orang yang mendapat julukan Kaisar dunia bawah mulai hadir. Di lihat dari bentuk tubuh maupun cara mereka berbicara tampaknya mereka adalah orang-orang yang sangat kuat, jika kita menilik seberapa kuatnya Doflamingo yang berstatus sebagai salah satu pentolan dunia bawah kita mungkin bisa mengira-ira kekuatan mereka tentu sangat badas. Mengacaukan pesta di tengah-tengah mereka tentu akan sangat nekat bagi siapapun orang itu bahkan jika ia berstatus Admiral sekalipun. Tapi, ada kemungkinan jika pesta chaos ada beberapa pihak yang ikut bergerak menyerang Big Mom karena dendam mereka pada Big Mom seperti yang ingin dilakukan Jigra atau ada pihak yang leibh memihak Vinsmoke karena mereka lebih memiliki kedekatan bisnis dengan Vinsmoke daripada dengan Big Mom.
Komandan terkuat Big Mom akhirnya diperlihatkan juga, Charlotte Katakuri, jika melihat penampilannya tampaknya ia lebih badas dibandingkan dengan Smoothie dan Cracker. Sepertinya para komandan manis adalah orang-orang dengan penampilan paling keren dalam armada Big Mom. Bounty Katakuri juga bukan main-main ia bernilai 1 M 57 Jt Bery dengan demikian untuk saat ini ia menjadi yang paling top dalam daftar bounty di One Piece. Bountynya tampaknya sesuai dengan sifatnya yang tak kenal ampun ia bahkan langsung mengeksekusi tamu yang berniat buruk pada Big Mom. Menurut Bege ia adalah orang dengan haki observasi no 1 di armada Big Mom mungkin salah satu yang terbaik di dunia karena dengan hakinya ia bahkan bisa melihat sedikit masa depan meskipun belum dijelaskan penglihatan masa depannya berbatas waktu atau tidak. Kemungkinan penglihatan masa depan Katakuri hanya berselang dalam hitungan menit karena ia tak bisa melihat rencana Bege padahal Bege sedang berhadapan dengannya. Mengenai senjata yang digunakan untuk membunuh Jigra tampak seperti biji-bijian yang dilempar. Jika melihat dari namanya Katakuri berarti tepung kentang yang sepertinya akan menjadi tema kekuatan yang digunakan oleh Katakuri seperti Cracker dengan buah iblisnya yang bertema biskuit cracker, meskipun sampai saat ini masih belum ada gambaran seperti apa kekuatan tepung itu sendiri. Apakah tepung itu akan bisa dibentuk berbagai macam bentuk layaknya pasir gaara di manga Naruto. entahlah kita tunggu saja bagaimana imajinasi Oda terhadap karakter badas ini.
Perospero dan permennya benar-benar mengagumkan  ia bisa merubah permen menjadi berbagai macam alat yang berguna, dan Smoothie kekuatannya sungguh aneh dan apakah kekuatan ini akan berguna dalam pertempuran nyata. Ia tampak memeras seekor jerapah dan muncullah cairan yang langsung dapat diminum oleh seorang tamu. Tidak diketahui apakah minuman yang didapat dari memeras makhluk akan mampu mentransformasikan kekuatan makhluk tersebut ke peminumnya.
Setelah semua hal yang terjadi di Chapter ini akhirnya pesta ini dimulai juga akankah kekacauan yang terjadi akan menguntungkan Big Mom atau justru akan menguntungkan aliansi Luffy-Bege. Pudding sepertinya akan ragu dalam mengeksekusi Sanji dan Luffy akan mengacau di luar waktu yang direncanakan.
 

No comments:

Post a Comment