Friday 21 April 2017

Catatan Kecil Review One Piece Chapter 863


Yoshhh akhirnya chapter 863 rilis juga. Episode klimaks yang kita nanti-nanti akhirnya muncul dan ditampilkan secara epik oleh Oda Sensei. Yaaa, mengacaukan pesta minum teh sekaligus pesta pernikahan putri Big Mom berhasil dilakukan dengan sempurna oleh Luffy. Meskipun terlihat grusa-grusu dan ceroboh tapi Luffy cukup cerdas dalam menyusun rencana kali ini. Ia dengan cepat bisa mengkonsep rencana setelah mengingat pertemuannya dengan Brulee di hutan.  Ia berhasil memanfaatkan kemampuan Brulee dalam membentuk tiruan orang lain dengan mengambil gambar seseorang yang terpantul di cermin dan memproyeksikannya ke makhluk lain. Dalam rencananya Luffy menggunakan kemampuan Brulee untuk mengubah hewan-hewan yang tertangkap untuk mengubahnya menjadi wujud dirinya. Lufyy juga yang merencanakan untuk menaruh cermin di dalam kue pernikahan sehingga akan menambah efek kekacauan dan rasa shock para tamu dan Big Mom sendiri. Suatu rencana yang sangat brilian yang bahkan tidak terpikirkan oleh Nami, Pedro, Jinbei, maupun oleh Bege dan Caesar. Padahal Luffy sendiri baru bergabung dengan aliansi dan mengetahui rencana ini dalam waktu yang sangat amat mepet tapi dengn cepat bisa menyusun rencana dengan sangat rapi, it's a great. Seperti yang pernah Luffy utarakan sebelumnya ia akan membuat penampilan yang luar biasa saat mengacaulan pesta pernikahan dan ia membuktikannya Luffy benar-benar membuat momen keluarnya dia di atas perkiraan orang serta sangat sangat mengejutkan semua pihak. Segerombolan binatang yang telah diubah wujudnya menjadi mirip Luffy berhasil membuat bingung keluarga Charlotte termasuk Big Mom sendiri.Tapi Luffy tetaplah Luffy ia tak pernah lepas dari tingkah konyol dan bodoh, sempat mengejutkan dan membuat bingung semua pihak ia justru mengakui sosok aslinya dengan lantang di depan Big Mom LOL. Bege pun sampai mengeluarkan ekspresi konyol karena sama sekali tak mengira bahwa rencana yang terlihat sempurna justru dihancurkan sendiri oleh Luffy.

Big Mom sudah pasti sangat marah atas kekacauan ini apalagi kue pernikahan yang ia tunggu-tunggu sejak lama hancur di depan matanya oleh seseorang yang sangat diremehkan oleh sang Yonko. Dari panel kemarahan Big Mom kita bisa mengetahui salah satu teknik dari Big Mom yaitu soul focus sebuah kemampuan untuk menarik jiwa seseorang setelah sebelumnya mengajukan pertanyaan dan kali ini sasarannya adalah para koki yang diminta untuk memilih nyawa atau kue pernikahan apapun pilihan mereka tetaplah percuma karena sedikit saja mereka menunjukkan rasa takut akan kematian nyawa mereka akan langsung ditarik oleh Big Mom. Suatu hal yang pasti untuk menghindari ini adalah mengalahkan rasa takut terhadap kematian seperti halnya yang dilakukan oleh Jinbei yang mampu mengatasi rasa takut akan kematian sehingga mampu lolos dari teknik ini. Biasanya mata Big Mom akan menunjukkan pola melingkar sebelum mengeluarkan teknik ini. 

Katakuri menunjukkan kemampuannya dalam membaca masa depan ia bisa melihat bahwa Luffy akan mengincar foto Madame Caramel sesuatu yang kemudian menimbulkan rasa curiga karena hanya kalangan keluarga maupun kru utama Big Mom lah yang mengetahui seberapa berharga foto ini bagi Big Mom. Selain memiliki haki pengamatan tingkat tinggi Katakuri juga memiliki kemampuan analisa yang hebat ia bisa menganalisis bahwa kemunculan Luffy yang begitu banyak adalah karena kekuatan Brulee dan mengetahui bahwa mereka adalah sekumpulan hewan saja. Oda benar-benar luar biasa ia bisa memunculkan kekuatan Katakuri jauh dari prediksi semuanya siapa sangka akan muncul tipe logia pemakan buah mochi mochi atau kekuatan getah yang mampu lentur sekali dan mengikat erat musuhnya. Sekilas kekuatan ini mirip dengan Trebol tapi jangkauan serangan maupun kerusakan yang ditimbulkan oleh Katakuri jauh lebih besar. Kemampuan ini sepertinya akan berada di atas perkiraan kita semua dan akan berkembang di luar imajinasi kita sebagai pembaca. Untunglah di saat seperti ini muncul Jinbei ia mengetahui kelemahan dari kekuatan dari buah Katakuri yang lemah terhadap air. Getah jika terkena air maka daya lekatnya akan hilang. Chapter ini sepertinya panggung Jinbei untuk menunjukkan seberapa pantas ia bergabung dengan Luffy. Bukan saja berani menyerang salah satu komandan utama Big Mom ia juga mengaku telah memberitahu Luffy rahasia foto Madame Caramel dan secara terang-terangan meminta keluar dari Big Mom Pirates. Sebuah tindakan yang tentu saja akan sangat memalukan Big Mom di depan para tamu undangan ia justru dikhianati oleh anak buahnya sendiri. Sekumpulan ucapan Jinbei menunjukkan bahwa kemungkinan Jinbei menjadi Next Nakama Luffy adalah 99.99%.  Ia sudah begitu mantap mengucapkan bahwa ia akan begabung dengan Luffy tanpa sedikitpun rasa keraguan.

Arc WCI sepertinya menjadi panggung bagi crew yang tidak kebagian tempat pertunjukkan di dressrosa. Setelah Sanji dengan segala drama dan sensasi akhirnya memutuskan kembali ke Luffy dan berniat menolong keluarga yang sudah membuangnya. Nami yang secara heroik berperan besar dalam membantu Luffy menumbangkan Cracker dan menundukkan King Baum.  Chopper yang berhasil mengalahkan Brulee dan menyekapnya dalam dunia cermin yang akhirnya menjadi kartu as paling ampuh dalam arc ini, dan terakhir adalah Brook yang secara gagah berani menantang Big Mom seorang diri dan menghadapi Zeus dan Promotheus bahkan melukai homies andalan Big Mom tersebut. Ia bahkan berhasil mencuri salinan poneglyph di ruang harta tersembunyi Big Mom dengan menundukkan pasukan catur, dan ajaibnya ia bisa lolos dari inspeksi pasukan Big Mom sehingga tidak diketahui bahwa ia berhasil mencuri salinan Road Poneglyph. Kali ini Brook juga lah yang akhirnya menjadi kunci setelah semua perhatian tertuju pada Luffy asli yang mengaku dan sepertinya pengakuannya ini menguntungkan keseluruhan crew dan rencana karena otomatis perhatian seluruh armada Big Mom hanya tertuju padanya dan memudahkan crew lain dalam mengincar poto Madame Caramel. Yang paling bisa memanfaatkan ini adalah Brook yang menyamar menjadi Luffy, ia dengan cara yang sangat sederhana dan seakan mengurangi heroiknya keseluruhan scene di chapter ini mampu memecahkan poto Madame Caramel dengan palu. So dengan pecahnya poto itu pasti akan ada sesuatu yang menimpa Big Mom tapi rasanya akan sangat tidak masuk akal bila Big Mom akan mati dengan semudah ini. Mengingat Katakuri dan Smoothie masih di sana rasanya ia akan bisa membendung rencana Bege dan memaksa para aliansi untuk keluar dari WCI dengan meninggalkan kekacauan di pesta. Sementara di pihak Vinsmoke tampaknya akan sedikit salah paham dengan mengira Luffy lah yang mengacaukan ambisi mereka apalagi mereka masih diperlihatkan belum menyadari apa yang sebenarnya akan terjadi. Peran kunci Reiju lah yang akan membuat Vinsmoke berubah haluan untuk ikut bersama Luffy cs kabur dari pesta. Untuk kemampuan haki pengamatan Katakuri sepertinya masih belum mutlak masa depan yang ia lihat karena scene yang menunjukkan pecahnya poto madame caramel di penglihatannya berbeda dengan yang terjadi sesungguhnya.

No comments:

Post a Comment